EVALUASI SERUM KREATININ DAN BLOOD UREA NITROGEN PASIEN KANKER SERVIKS YANG MENJALANI KEMOTERAPI PAKLITAKSEL-KARBOPLATIN DI RSUP SANGLAH DENPASAR TAHUN 2018

  • Ni Komang Vina Indriyani
  • I Nyoman Bayu Mahendra
  • Ida Bagus Gede Fajar Manuaba
  • I Gede Ngurah Harry Wijaya Surya

Abstract

Kanker serviks ialah keganasan kedua terbanyak di Indonesia. Salah satu penatalaksanaannya yaitu kemoterapi.  Tujuan penelitian ini ialah mengetahui fungsi ginjal pasien kanker serviks setelah dilakukan kemoterapi 3 seri di RSUP Sanglah Denpasar tahun 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif retrospektif longitudinal menggunakan data rekam medis dari pasien kanker serviks yang menjalani  kemoterapi  paklitaksel-karboplatin. Selama  penelitian,  terkumpul sebanyak 76 kasus yang memenuhi kriteria inklusi yang kemudian dianalisis . Median SC sebelum dilakukan kemoterapi ialah 0,79mg/dL dan setelah kemoterapi menjadi 0,71mg/dL. Pada pemeriksaan BUN median sebelum kemoterapi ialah 10,5mg/dL dan setelah dilakukan kemoterapi menjadi 9,70mg/dL. Sebanyak 77,6% pasien memiliki hasil pemeriksaan SC dan/atau BUN dalam rentang normal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah dilakukan kemoterapi paklitaksel-karboplatin tidak memberikan efek samping serius yang dapat menurunkan fungsi ginjal.


Kata Kunci : Kanker serviks, kemoterapi, paklitaksel-karboplatin, kreatinin, BUN, RSUP Sanglah Denpasar

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ni Komang Vina Indriyani

1Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

I Nyoman Bayu Mahendra

2SMF Obstetri dan Ginekologi RSUP Sanglah

Ida Bagus Gede Fajar Manuaba

2SMF Obstetri dan Ginekologi RSUP Sanglah

I Gede Ngurah Harry Wijaya Surya

2SMF Obstetri dan Ginekologi RSUP Sanglah

Published
2021-02-09
How to Cite
VINA INDRIYANI, Ni Komang et al. EVALUASI SERUM KREATININ DAN BLOOD UREA NITROGEN PASIEN KANKER SERVIKS YANG MENJALANI KEMOTERAPI PAKLITAKSEL-KARBOPLATIN DI RSUP SANGLAH DENPASAR TAHUN 2018. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 37-41, feb. 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/71333>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/.MU.2021.V10.i2.P07.

Most read articles by the same author(s)