TINGKAT KELENGKAPAN IDENTITAS JENAZAH SERTA KESESUAIAN RANGKAIAN PENYEBAB KEMATIAN PADA SURAT KETERANGAN KEMATIAN DI RSUP SANGLAH TAHUN 2017

  • Tri Rahayu Kusuma Dewi
  • Kunthi Yulianti
  • Dudut Rustyadi

Abstract

ABSTRAK


Praktik kedokteran merupakan kegiatan yang dilakukan dalam melakukan upaya kesehatan, dan praktik kedokteran yang memiliki aspek medikolegal, merupakan praktik kedokteran yang bertujuan untuk menegakan hukum dalam peristiwa pidana yang dialami seseorang. Salah satu praktik kedokteran yang memiliki aspek medikolegal adalah penerbitan sertifikat medis, agar surat keterangan kematian tersebut dapat berfungsi dengan baik maka kelengkapan data dan keakuratannya menjadi hal yang perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat persentase tingkat kelengkapan identitas jenazah serta kesesuaian rangkaian penyebab kematian pada surat keterangan kematian di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah tahun 2017. Pada penelitian ini digunakan 102 sampel yang dipilih menggunakan sampel acak sederhana dengan metode potong-lintang deskriptif retrospektif. Sampel yang digunakan merupakan data sekunder, berupa surat keterangan kematian di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah tahun 2017. Sampel diobservasi dan dinilai kelengkapan dan kesesuaian rangkaian penyebab kematiannya. Hasil yang didapatkan yaitu, sebanyak 0% surat keterangan kematian yang identitas jenazahnya diisi secara lengkap, dan 100%  diisi dengan tidak lengkap. Sedangkan untuk rangkaian penyebab kematian, yang tidak sesuai mencapai 65,31% dan rangkaian penyebab kematian yang sesuai sebanyak 34,69%, dengan nilai Kappa  antara  peneliti dan verifikator A yaitu sebesar 0,63 dan Kappa antara peneliti dan verifikator B sebesar 0,79.


Kata kunci: surat keterangan kematian, identitas jenazah, penyebab kematian.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tri Rahayu Kusuma Dewi

1 Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Kunthi Yulianti

2 Bagian Ilmu Kedokteran Forensik, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Dudut Rustyadi

2 Bagian Ilmu Kedokteran Forensik, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2020-11-27
How to Cite
DEWI, Tri Rahayu Kusuma; YULIANTI, Kunthi; RUSTYADI, Dudut. TINGKAT KELENGKAPAN IDENTITAS JENAZAH SERTA KESESUAIAN RANGKAIAN PENYEBAB KEMATIAN PADA SURAT KETERANGAN KEMATIAN DI RSUP SANGLAH TAHUN 2017. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 9, n. 11, p. 85-90, nov. 2020. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/71027>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2020.V09.i11.P14.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>