KARAKTERISTIK PENDERITA CACAR AIR (VARICELLA) DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT SANGLAH, DENPASAR PERIODE APRIL 2015 - APRIL 2016

  • Ni Putu Tiza Murtia Margha
  • Made Wardhana

Abstract

ABSTRAK

Varisella merupakan penyakit yang mudah menular pada manusia, manusia adalah satu-satunya inang pada penyakit ini. Hal ini disebabkan oleh Varicella Zoster Virus, virus yang termasuk bagian dari alpha-herpes yang merupakan jenis virus imunogenik. Sebagai penyakit endemik akut yang paling umum yang menyerang manusia. Hal ini merupakan masalah setiap orang tua hadapi pada anak-anaknya, dan varicella juga bisa terjadi di pada dewasa, varicella biasanya dikenal sebagai cacar air. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola varicella pada pasien pada periode Rumah Sakit Sanglah April 2015-April 2016. Pendekatan penelitian ini menggunakan studi deskriptif desain penelitian retrospektif. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik total sampling, dalam sampel penelitian ini yang digunakan adalah semua pasien pada Rumah Sakit Sanglah periode April 2015-April 2016 yang terinfeksi infeksi varicella. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah secara deskriptif. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa 56 orang yang terinfeksi varicella di Rumah Sakit Sanglah, mayoritas pasien yang terinfeksi dengan varicella berada dalam kelompok usia 0 sampai 15 tahun dengan total 30 orang (53,6%), berdasarkan perbedaan jenis kelamin menunjukkan bahwa pasien wanita memiliki insiden tertinggi yaitu 27 orang (48,2%) daripada laki-laki dan hampir mirip jumlahnya. Tidak ada komplikasi dari semua kriteria inklusi yang mana 56 orang (100%). Dan lokasi lesi tersering adalah pada kepala dan ektremitas bagian atas dengan jumlah 26 orang (46,4 %).


Kata kunci: varicella, umur, jenis kelamin, komplikasi, lokasi lesi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ni Putu Tiza Murtia Margha

1Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali

Made Wardhana

2Departemen Kesehatan Kulit Dan Kelamin RSUP Sanglah/ Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2020-08-28
How to Cite
MARGHA, Ni Putu Tiza Murtia; WARDHANA, Made. KARAKTERISTIK PENDERITA CACAR AIR (VARICELLA) DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT SANGLAH, DENPASAR PERIODE APRIL 2015 - APRIL 2016. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 9, n. 8, p. 93-96, aug. 2020. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/70942>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)