FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN TERHADAP DERAJAT BERAT INFEKSI VIRUS DENGUE PADA PASIEN DEWASA YANG DIRAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT SANGLAH DENPASAR BALI

  • Made Wulan Utami Dewi
  • Sianny Herawati
  • A.A. Ngurah Subawa

Abstract

Virus dengue termasuk dalam genus Flavivirus dapat ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Infeksi virus dengue ini mempunyai angka mortalitas dan morbiditas yang cukup tinggi hampir di seluruh dunia. Diagnosis yang dikelompokkan berdasarkan derajat klinik dengan kriteria WHO 1997, dikonfirmasi melalui tanda dan gejala klinis serta pemeriksaan laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan jumlah leukosit, jumlah limfosit, nilai hematokrit dan jumlah trombosit dengan derajat berat infeksi virus dengue menurut kriteria WHO 1997 pada pasien dewasa yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah (RSUP) Denpasar tahun 2015. Penelitian ini merupakan studi analitik cross-sectional terhadap 90 pasien infeksi dengue dengan menggunakan data sekunder. Sampel merupakan pasien infeksi dengue dewasa yang berusia > 12 tahun yang pada rekam medisnya terdapat hasil pemeriksaan laboratorium yang dirawat di RSUP Sanglah Denpasar periode 01 Januari-31 Desember 2015. Analisis menggunakan PASW Statistic 18 dengan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov lalu dilanjutkan dengan uji korelasi Pearson tidak didapatkan hubungan bermakna antara jumlah leukosit terendah dengan derajat berat infeksi dengue (p=0,354 ;  r = -0,099), tidak terdapat hubungan bermakna antara nilai hematokrit tertinggi dengan derajat berat infeksi dengue (p=0,293 ; r= 0,112), dan didapatkan hubungan negatif lemah yang bermakna antara jumlah trombosit terendah dengan derajat berat infeksi dengue (p=0,009 ; r= -,0275). Hasil analisis dengan uji korelasi Spearman tidak didapatkan hubungan bermakna antara jumlah limfosit terendah dengan derajat berat infeksi dengue ( p = 0,636, r= -0,051). Melihat hasil yang ada, perlu melakukan pencegahan dan deteksi infeksi dengue lebih dini sehingga angka kesakitan dan kematian dapat berkurang.


Kata Kunci: Jumlah leukosit, jumlah limfosit, jumlah trombosit, nilai hematokrit dan derajat berat infeksi dengue.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Made Wulan Utami Dewi

1,2Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana2

Sianny Herawati

3Bagian Patologi Klinik RSUP Sanglah Bali

A.A. Ngurah Subawa

3Bagian Patologi Klinik RSUP Sanglah Bali

Published
2020-04-03
How to Cite
UTAMI DEWI, Made Wulan; HERAWATI, Sianny; SUBAWA, A.A. Ngurah. FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN TERHADAP DERAJAT BERAT INFEKSI VIRUS DENGUE PADA PASIEN DEWASA YANG DIRAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT SANGLAH DENPASAR BALI. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 9, n. 4, p. 22-28, apr. 2020. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/60130>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2020.V09.i4.P04.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>