PENGARUH PENDIDIKAN, LUAS LAHAN, DAN PENDAPATAN TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA PETANI PADI DI DESA SELANBAWAK KECAMATAN MARGA KABUPATEN TABANAN BALI

  • I Made Pino Julian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Wayan Wenagama

Abstract

Kabupaten Tabanan dikenal sebagai kawasan lumbung padi, terutama di Desa Selanbawak, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Masyarakat di desa ini melakukan usaha pertanian karena dari segi geografis wilayahnya masih banyak lahan pertanian, namun petani padi di daerah tersebut memiliki masalah terkait upaya peningkatan kesejahteraan keluarganya. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pendidikan, luas lahan, dan pendapatan secara simultan dan parsial terhadap kesejahteraan keluarga petani padi di Desa Selanbawak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh keluarga petani padi yang berjumlah 820 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling sebanyak 82 keluarga petani. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan pendidikan, luas lahan, dan pendapatan secara simultan berpengaruh terhadap kesejahteraan petani padi. Pendidikan secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kesejahteraan petani padi, luas lahan secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kesejahteraan petani padi, dan pendapatan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan petani padi di Desa Selanbawak Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-20
How to Cite
JULIAN, I Made Pino; WENAGAMA, I Wayan. PENGARUH PENDIDIKAN, LUAS LAHAN, DAN PENDAPATAN TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA PETANI PADI DI DESA SELANBAWAK KECAMATAN MARGA KABUPATEN TABANAN BALI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 9, p. 3681-3700, sep. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/93210>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i09.p15.

Most read articles by the same author(s)