FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG BIDANG FASHION DI KOTA DENPASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial variabel modal, tenaga kerja, penggunaan media sosial, dan lokasi usaha terhadap pendapatan pedagang bidang fashion di Kota Denpasar. Penelitian ini juga untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan di antara modal, tenaga kerja, penggunaan media sosial, dan lokasi usaha terhadap pendapatan pedagang bidang fashion di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode penentuan sampel accidental sampling dengan sampel sebanyak 96 orang pemilik usaha perdagangan bidang fashion. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis regresi linier berganda. Hasil pengolahan data dan pengujian secara simultan menunjukkan bahwa modal, tenaga kerja, penggunaan media sosial, dan lokasi usaha berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang bidang fashion di Kota Denpasar. Hasil pengolahan data juga menunjukkan modal dan tenaga kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang bidang fashion di Kota Denpasar. Pedagang bidang fashion di Kota Denpasar yang menggunakan media sosial memperoleh pendapatan lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media sosial dan juga pedagang bidang fashion di Kota Denpasar yang lokasi usahanya dekat dengan keramaian memperoleh pendapatan lebih tinggi dibandingkan dengan yang jauh dari keramaian. Variabel modal merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi pendapatan pedagang bidang fashion di Kota Denpasar.
Kata kunci: pendapatan, modal, tenaga kerja, penggunaan media sosial, lokasi usaha