PENGARUH INVESTASI DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI WILAYAH BALI TIMUR

  • Ida Ayu Trisna Diannita Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Wayan Wenagama

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan indikator untuk mengukur keberhasilan pembangunan ekonomi. Kesejahteraan masyarakat merupakan tujuan dari pertumbuhan ekonomi. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu investasi dan pendapatan asli daerah.  Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis pengaruh investasi dan pendapatan asli daerah terhadap pertumbuhan ekonomi di Wilayah Bali Timur, (2) menganalisis pengaruh investasi dan pendapatan asli terhadap kesejahteraan masyarakat di Wilaya Bali Timur, dan (3) menganalisis pengaruh tidak langsung investasi dan pendapatan asli daerah terhadap kesejahteraan masyarakat melalui pertumbuhan ekonomi di Wilayah Bali Timur. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan 27 pengamatan, yang dianalisis dengan teknik analisis jalur (path analysis) dengan Eviews9. Hasil analisis menunjukkan investasi dan pendapatan asli daerah memiliki pengaruh langusng positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Investasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat. Pendapatan asli daerah berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat. Investasi dan pendapatan asli daerah tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat melalui pertumbuhan ekonomi.


Kata Kunci: investasi, pendapatan asli daerah, pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-03
How to Cite
DIANNITA, Ida Ayu Trisna; WENAGAMA, I Wayan. PENGARUH INVESTASI DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI WILAYAH BALI TIMUR. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 959-990, apr. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/56694>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i03.p07.

Most read articles by the same author(s)