PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH DAN INVESTASI TERHADAP DISPARITAS DISTRIBUSI PENDAPATAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KABUPATEN/KOTA PROVINSI BALI

  • Ni Putu Intan Primandani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Nyoman Mahaendra Yasa

Abstract

Kesejahteraan masyarakat merupakan tujuan dari pembangunan. Dalam mencapai tujuan tersebut diperlukan sumber-sumber pembiayaan, serta membutuhkan komitmen kuat dari pihak pemerintah dan swasta dalam hal investasi. Walaupun kesejahteraan masyarakat Provinsi Bali meningkat, namun peningkatan cenderung rendah dan masih terjadi disparitas distribusi pendapatan antar daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengeluaran pemerintah dan investasi terhadap disparitas distribusi pendapatan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten/kota di Provinsi Bali. Penelitian ini bersumber dari data sekunder yaitu data time series yang dimulai tahun 2013-2018. Penelitian ini dilakukan melalui observasi non partisipan pada publikasi BPS. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis. Berdasarkan analisis diperoleh hasil bahwa pengeluaran pemerintah berpengaruh negatif dan signifikan, sedangkan investasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap disparitas distribusi pendapatan kabupaten/kota Provinsi Bali. Pengeluaran pemerintah dan investasi berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan disparitas distribusi pendapatan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat kabupaten/kota di Provinsi Bali. Pengeluaran pemerintah dan investasi tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat melalui disparitas distribusi pendapatan kabupaten/kota di Provinsi Bali.


Kata Kunci: pengeluaran pemerintah, investasi, disparitas distribusi pendapatan, kesejahteraan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-26
How to Cite
PRIMANDANI, Ni Putu Intan; YASA, I Nyoman Mahaendra. PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH DAN INVESTASI TERHADAP DISPARITAS DISTRIBUSI PENDAPATAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KABUPATEN/KOTA PROVINSI BALI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 5, p. 2070 - 2100, may 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/58390>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)