PENGARUH INVESTASI DAN INFLASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI KABUPATEN KLUNGKUNG

  • Dewa Ayu Dwi Gita Pramesti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayan
  • I Nyoman Mahaendra Yasa

Abstract

Semakin besar jurang pendapatan maka semakin besar pula variasi dalam distribusi pendapatan. Ketimpangan distribusi pendapatan dapat di ukur menggunakan rasio gini, Kabupaten Klungkung pada tahun 2017 memiliki rasio gini tetinggi dibandingkan kabupaten/kota lainnya di Provinsi Bali yaitu 0,37 point. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh investasi dan inflasi terhadap pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan distribusi pendapatan di Kabupaten Klungkung.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur.Hasil penelitian menunjukkan variabel investasi dan inflasi, berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Variabel investasi, pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan, sedangkan inflasi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ketimpangan distribusi pendapatan di Kabupaten Klungkung Provinsi Bali.


 


Kata kunci: Investasi, inflasi, pertumbuhan ekonomi, ketimpangan distribusi pendapatan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-18
How to Cite
PRAMESTI, Dewa Ayu Dwi Gita; YASA, I Nyoman Mahaendra. PENGARUH INVESTASI DAN INFLASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI KABUPATEN KLUNGKUNG. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 8, n. 11, p. 2562 - 2590, nov. 2019. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/52321>. Date accessed: 04 may 2024.

Most read articles by the same author(s)