PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, ANGGARAN PENDIDIKAN DAN ANGGARAN KESEHATAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KABUPATEN KARANGASEM

  • Made Praba Utami Pramesti Faculty of Economics and Business, Udayana University
  • I Nyoman Mahaendra Yasa
  • I Wayan Wenagama

Abstract

Kesejahteraan masyarakat merupakan cerminan dari keberhasilan pembangunan suatu daerah. IPM merupakan salah satu variabel yang digunakan untuk mengukur kesejahteraan masyarakat. IPM Karangasem menduduki posisi terendah, menyebabkan kesejahteraan masyarakat tergolong rendah yang dipengaruhi oleh faktor pertumbuhan ekonomi, anggaran pendidikan dan anggaran kesehatan. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, anggaran pendidikan dan anggaran kesehatan secara simultan dan parsial terhadap kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Karangasem dengan data sekunder tahun 2005-2019. Metode pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan dan dianalisis dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, pertumbuhan ekonomi, anggaran pendidikan dan anggaran kesehatan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat. Secara parsial pertumbuhan ekonomi, anggaran pendidikan dan anggaran kesehatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi berpengaruh paling dominan terhadap kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Karangasem. Upaya mengatasi rendahnya kesejahteraan masyarakat dapat melalui peningkatan perekonomian daerah, mengalokasikan minimal 20 persen dari APBD untuk anggaran pendidikan dan minimal 10 persen untuk kesehatan serta peningkatan fasilitas di bidang pendidikan dan kesehatan sehingga tercipta pembangunan manusia yang optimal.


Kata kunci: pertumbuhan ekonomi, anggaran pendidikan, anggaran kesehatan, kesejahteraan masyarakat


Klasifikasi JEL: O47, H52, H51, H53

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-02
How to Cite
PRAMESTI, Made Praba Utami; YASA, I Nyoman Mahaendra; WENAGAMA, I Wayan. PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, ANGGARAN PENDIDIKAN DAN ANGGARAN KESEHATAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KABUPATEN KARANGASEM. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 7, p. 2669-2695, sep. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/73155>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i07.p08.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>