ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN WARUNG TRADISIONAL MENGHADAPI PESAING MINIMARKET DI KECAMATAN MENGWI

  • I Gede Edie Mardika Yoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Nyoman Djinar Setiawina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung jarak, modal, jam kerja dan omzet penjulan terhadap pendapatan warung tradisional di Kecamatan Mengwi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dengan wawancara kepada pedagang warung tradisional di Kecamatan Mengwi. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan menggunakan rumus cochran yang didapat sampel sebanyak 96 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Path analysis. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan variabel jarak, modal dan  jam kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap omzet penjualan dan variabel jarak, modal, jam kerja dan omzet penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang warung tradisional di Kecamatan Mengwi, hasil penelitian menunjukan bahwa omzet memediasi pengaruh jarak, modal dan jam kerja terhadap pendapatan, disarankan kepada pedagang warung tradisional dapat meningkatkan modal, jam kerja dan omzet penjualan, dan juga diperlukan koordinasi antara pemerintah setempat dalam mengatasi jarak antara warung tradisional dengan minimarket.


Kata Kunci: jarak, modal, jam kerja, omzet penjualan, pendapatan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-24
How to Cite
YOGA, I Gede Edie Mardika; SETIAWINA, Nyoman Djinar. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN WARUNG TRADISIONAL MENGHADAPI PESAING MINIMARKET DI KECAMATAN MENGWI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 597 - 626, feb. 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/56670>. Date accessed: 23 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)