ANALISIS TINGKAT EFEKTIVITAS DAN DAYA SAING PROGRAM REVITALISASI PASAR TRADISIONAL DI PASAR AGUNG PENINJOAN DESA PEGUYANGAN KANGIN

  • Made Santana Putra Adiyadnya
  • Nyoman Djinar Setiawina

Abstract

Pasar sangat berkaitan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) guna menunjang pembangunan perekonomian suatu daerah. Peran pasar tradisional dari waktu ke waktu semakin menurun hingga sekarang. Berkurangnya peran pasar tradisional akan mengakibatkan hilangnya lapangan pekerjaan untuk masyarakat dengan perekonomian menengah ke bawah. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis tingkat efektivitas pelaksanaan program revitalisasi pasar tradisional yang dilaksanakan di Pasar Agung Peninjoan Desa Peguyangan Kangin dan 2) untuk menganalisis tingkat daya saing Pasar Agung Peninjoan Desa Peguyangan Kangin setelah program revitalisasi pasar tradisional. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) terdapat peningkatan pendapatan setelah pelaksanaan program revitalisasi pasar tradisional yang dilaksanakan di Pasar Agung Peninjoan Desa Peguyangan Kangin, pelaksanaan program revitalisasi pasar tradisional yang dilaksanakan di Pasar Agung Peninjoan Desa Peguyangan Kangin termasuk dalam kategori sangat efektif dan 2) terdapat peningkatan daya saing setelah pelaksanaan program revitalisasi pasar tradisional yang dilaksanakan di Pasar Agung Peninjoan Desa Peguyangan Kangin.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-06-25
How to Cite
ADIYADNYA, Made Santana Putra; SETIAWINA, Nyoman Djinar. ANALISIS TINGKAT EFEKTIVITAS DAN DAYA SAING PROGRAM REVITALISASI PASAR TRADISIONAL DI PASAR AGUNG PENINJOAN DESA PEGUYANGAN KANGIN. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], june 2015. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/12376>. Date accessed: 01 july 2024.
Section
Articles

Keywords

Pembangunan ekonomi, revitalisasi pasar tradisional, efektivitas

Most read articles by the same author(s)