Pengaruh Faktor Sumber Daya, Pemberdayaan, Strategi Bersaing, Dan Kondisi Fisik Pasar Terhadap Keberdayaan Pedagang Pasar Tradisional di Bali

  • I Ketut Suweca
  • Made Kembar Sri Budhi
  • Made Sukarsa
  • Ni Nyoman Yuliarmi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena keterpurukan pasar tradisional di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Bali. Salah satu penyebab keterpurukan itu ialah pasar tradisional yang distigmatisasi sebagai wilayah yang kumuh, kotor, becek, dan berbau. Oleh sebab itu, pasar tradisional secara perlahan ditinggalkan oleh para konsumen untuk beralih ke pasar modern, seperti minimarket, supermarket, dan hypermarket yang belakangan ditengarai sebagai pesaing.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) sumberdaya terhadap pemberdayaan pedagang, kondisi fisik pasar dan strategi bersaing pedagang pasar tradisional, (2) pemberdayaan pedagang terhadap kondisi fisik pasar dan strategi bersaing pedagang pasar, (3) kondisi fisik pasar terhadap strategi bersaing dan keberdayaan pedagang pasar, dan (4) strategi bersaing terhadap keberdayaan pedagang pasar tradisional. Di samping itu, penelitian juga bertujuan mengetahui pengaruh tidak langsung antarvariabel.

Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner terhadap 150 responden pedagang pasar tradisional di Bali, wawancara dengan para pengelola pasar dan instansi terkait, dan observasi lapangan. Analisis dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif. Analisis deskriptif menjelaskan tentang indikator-indikator yang memiliki skor di atas dan di bawah rata-rata total skor pada setiap variabel. Analisis kuantitatif mempergunakan SEM dengan aplikasi PLS guna mengetahui tingkat signifikasi antarvariabel sebagaimana disebutkan dalam tujuan penelitian.

Ditemukan hubungan variabel yang menunjukkan pengujian signifikan, yaitu: (1) sumberdaya terhadap kondisi fisik pasar dan strategi bersaing pedagang, (2) pemberdayaan terhadap strategi bersaing dan kondisi fisik pasar, (3) kondisi fisik pasar terhadap strategi bersaing dan keberdayaan pedagang, dan (4) strategi bersaing terhadap keberdayaan pedagang. Hubungan antarkonstruk yang tidak signifikan adalah sumberdaya pedagang terhadap pemberdayaan. Ditemukan pula pengaruh tidak langsung yang signifikan variabel (1) sumberdaya pedagang terhadap kondisi fisik pasar, strategi bersaing pedagang, dan keberdayaan pedagang, dan (2) pemberdayaan pedagang terhadap strategi bersaing dan keberdayaan pedagang. Variabel yang berpengaruh signifikan harus ditingkatkan demi keberdayaan pedagang pasar tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-06-15
How to Cite
SUWECA, I Ketut et al. Pengaruh Faktor Sumber Daya, Pemberdayaan, Strategi Bersaing, Dan Kondisi Fisik Pasar Terhadap Keberdayaan Pedagang Pasar Tradisional di Bali. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], june 2015. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/13651>. Date accessed: 27 oct. 2020.

Keywords

sumberdaya, pemberdayaan, strategi bersaing, kondisi fisik pasar, keberdayaan

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>