PENGARUH INFLASI DAN KURS DOLLAR AS TERHADAP NILAI EKSPOR ALAS KAKI INDONESIA KE CHINAPENGARUH INFLASI DAN KURS DOLLAR AS TERHADAP NILAI EKSPOR ALAS KAKI INDONESIA KE CHINA

  • A.A. Istri Sita Larasati Universitas Udayana
  • Made Kembar Sri Budhi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris bagaimana Pengaruh Inflasi Dan Kurs Dollar AS Terhadap Nilai Ekspor Alas Kaki Indonesia Ke China Tahun 1997-2016 (Studi Pada Asean-China Free Trade Area). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Ekspor Alas Kaki Indonesia, data Inflasi Indonesia, Data Kurs Dollar AS, dan data ACFTA dari tahun 1997-2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknis Analisis Regresi Linier Berganda dengan Variabel Dummy. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variabel Inflasi, Kurs Dollar AS dan ACFTA berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Ekspor. Secara parsial Inflasi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Nilai ekspor, sedangkan Kurs Dollar AS dan ACFTA positif signifikan terhadap. Kurs Dollar AS memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap Nilai ekspor dibandingkan variabel bebas lainnya yakni variabel Inflasi dan ACFTA. Pemerintah sebaiknya lebih memperbaiki atau menekan kebijakan-kebijakan yang dapat menghambat laju ekspor, karena dengan adanya ACFTA ekspor Indonesia sudah mengalami peningkatan.


Kata kunci: Inflasi, Kurs Dollar AS, ACFTA, Nilai Ekspor

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-02
How to Cite
SITA LARASATI, A.A. Istri; SRI BUDHI, Made Kembar. PENGARUH INFLASI DAN KURS DOLLAR AS TERHADAP NILAI EKSPOR ALAS KAKI INDONESIA KE CHINAPENGARUH INFLASI DAN KURS DOLLAR AS TERHADAP NILAI EKSPOR ALAS KAKI INDONESIA KE CHINA. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], p. 2430-2460, nov. 2018. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/40318>. Date accessed: 27 oct. 2020.

Most read articles by the same author(s)