PERAN MEDIASI KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA PENGARUH STRESS KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP INTENSI KELUAR KARYAWAN

  • Putu Agus Eka Rismawan Program Magister Manajemen Universitas Udayana
  • Wayan Gede Supartha
  • Ni Nyoman Kerti Yasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran mediasi komitmen organisasional pada pengaruhnya terhadap stres kerja dan kepuasan kerja terhadap intensi keluar karyawan. Penelitian ini menggunakan 79 responden dengan mengambil responden dari karyawan tetap dan karyawan kontrak. Pengujian dilakukan dengan metode PLS (Partial Least Square) dengan program smartPLS.

Berdasarkan hasil analisis disimpulkan stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi keluar, stres kerja terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, kepuasan kerja berpengaruh negatif terhadap intensi keluar, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional dan komitmen organisaional berpengaruh negatif signifikan terhadap intensi keluar, komitmen organisasional memediasi secara parsial hubungan antara stres kerja dan kepuasan kerja terhadap intensi keluar.

Implimentasi dari penelitian ini bahwa untuk menekan tingkat intensi keluar karyawan hendaknya perusahaan memberikan penghargaan kepada karyawan, memberikan kesempatan kepada karyawan menjadi orang yang diperlukan di perusahaan, dan menanamkan rasa peduli akan keberlangsungan perusahaan.

Kata Kunci: Stres kerja, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional dan Intensi Keluar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-08-29
How to Cite
RISMAWAN, Putu Agus Eka; SUPARTHA, Wayan Gede; KERTI YASA, Ni Nyoman. PERAN MEDIASI KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA PENGARUH STRESS KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP INTENSI KELUAR KARYAWAN. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], aug. 2014. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/8607>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

job stress, job satisfaction, organizational commitment, and intention to quit