PERAN TRUST DALAM MEMEDIASI PENGARUH SOCIAL MOTIVATION TERHADAP ONLINE PURCHASE INTENTION
Abstract
Online purchase intention adalah perilaku konsumen yang menunjukkan niat membeli suatu produk secara online. Online purchase intention dapat dipengaruhi oleh dua variabel, yaitu social motivation dan trust. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan peran trust dalam memediasi pengaruh social motivation terhadap online purchase intention. Penelitian dilakukan pada konsumen Skintific di Kota Denpasar dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 110 responden. Instrumen kuesioner dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social motivation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap online purchase intention; social motivation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap trust; trust memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap online purchase intention; dan trust memiliki pengaruh positif dan signifikan memediasi secara parsial pengaruh social motivation terhadap online purchase intention. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada pihak Skintific untuk memanfaatkan aspek social motivation dan trust sebagai strategi meningkatkan online purchase intention konsumen Skintific di Kota Denpasar.