PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS DAN TRUST TERHADAP REPURCHASE INTENTION MARKETPLACE

  • Cokorda Nanda Putra Paradita Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Ni Wayan Ekawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Fenomena berbelanja online pada marketplace sudah menjadi hal yang lumrah pada era digitalisasi ini, selain dikarenakan adanya pembatasan pada masa pandemi belanja online cenderung lebih menghemat waktu dan juga lebih efisien. Salah satu marketplace asalah indonesia yang menggeluti bidang ini ialah Bukalapak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness dan trust terhadap repurchase intention. Penelitina ini dilakukan di Kota Denpasar dengan sampel yang diambil sebanyak 112 responden melalui metode purposive sampling dan disebar menggunakan kuisioner google form dengan kriteria yang telah disesuaikan dan diiukur dengan 16 indikator menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regersi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, perceived ease of use berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap repurchase intention, perceived usefulness berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap repurchase intention, trust berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap repurchase intenion. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemudahan penggunan, kemanfaatan serta, kepercayaan yang diberikan oleh markerplace Bukalapak terhadap costumernya, dapat meningkatkan kunjungan terhadap marketplace sekaligus menyebabkan adanya niat beli ulah oleh costumer.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-29
How to Cite
PARADITA, Cokorda Nanda Putra; EKAWATI, Ni Wayan. PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS DAN TRUST TERHADAP REPURCHASE INTENTION MARKETPLACE. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 327-336, feb. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/101696>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i02.p12.
Section
Articles