PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN INTERNET PROVIDER BIZNET

  • Ni Luh Putu Pande Cahayani Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Ni Wayan Ekawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Fenomena peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia, mendorong bisnis yang bergerak di bidang internet provider mengalami perkembangan yang sangat pesat. Salah satu perusahaan internet provider di Indonesia yaitu biznet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran brand image memediasi pengaruh WOM terhadap niat menggunakan. Lokasi penelitian ini yaitu di Kota Denpasar dengan sampel yang diambil sebanyak 90 responden menggunakan metode purposive sampling yang disebar melalui kuisioner google form dengan kriteria yang diiukur dan disesuaikan dengan 9 indikator menggunkan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dan uji sobel. Hasil dari penelitian ini menunjukan WOM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat menggunakan, WOM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand image, brand image memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat menggunakan, brand image berperan signifikan dalam memediasi pengaruh WOM terhadap niat menggunakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam meningkatkan niat menggunakan layanan internet, perusahaan biznet diharapkan melakukan strategi untuk menghasilkan WOM yang positif mengenai biznet, yang selanjutnya akan menciptakan brand image yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-30
How to Cite
DEWI, Ni Luh Putu Pande Cahayani; EKAWATI, Ni Wayan. PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN INTERNET PROVIDER BIZNET. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 1139-1150, june 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/99807>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i06.p07.
Section
Articles