PERAN CUSTOMER ENGAGEMENT MEMEDIASI PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND AWARENESS PADA E-LEARNING AKU PINTAR

  • Chatarina Puspita Gandhi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Wayan Ekawati
  • I Gst Ngurah Jaya Agung Widagda K

Abstract

Teknologi di sektor pendidikan berimplikasi pada perubahan gaya pembelajaran yang dulu berfokus pada model pembelajaran tatap muka sekarang dapat dilakukan dengan model pembelajaran e-learning. Aku Pintar menjadi alternatif e-learning pilihan siswa/i namun brand awareness Aku Pintar masih belum sebesar para pesaingnya. Penelitian ini bertujuan menguji dan menjelaskan peran customer engagement memediasi pengaruh social media marketing terhadap brand awareness e-learning Aku Pintar. Data penelitian ini diambil dari kuesioner online kepada 175 responden di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Analisis Jalur, Uji Variance Accounted For (VAF), dan Uji Sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer engagement, customer engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, dan customer engagement dinyatakan sebagai pemediasi parsial dalam hubungan social media marketing terhadap brand awareness pada e-learning Aku Pintar. Implikasi penelitian ini bagi Aku Pintar adalah sebagai informasi kepada Aku Pintar untuk mengevaluasi indikator dengan nilai dibawah rata-rata sehingga dapat menyusun strategi social media marketing yang lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-30
How to Cite
GANDHI, Chatarina Puspita; EKAWATI, Ni Wayan; WIDAGDA K, I Gst Ngurah Jaya Agung. PERAN CUSTOMER ENGAGEMENT MEMEDIASI PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND AWARENESS PADA E-LEARNING AKU PINTAR. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 1986-1995, sep. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/101452>. Date accessed: 05 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i09.p20.
Section
Articles