EVALUASI KEPUASAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UDAYANA
Abstract
Pandemi COVID-19 telah mengubah tatanan kehidupan termasuk bidang pendidikan. Proses pembelajaran di sekolah dan perguruan tinggi berganti metode menjadi dalam jaringan atau disingkat sebagai daring demi mencegah penyebaran COVID-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana evaluasi kepuasan pembelajaran daring selama masa pandemi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang dilakukan pada mahasiswa keperawatan Universitas Udayana pada bulan Juni 2022 dengan 170 mahasiswa sebagai responden yang dipilih dengan metode stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukan responden berusia 18-22 tahun dengan mayoritas responden merupakan perempuan 149 orang (87,6%), dan jumlah responden angkatan terbanyak adalah angkatan 2021 (tahun ke-2) dengan 49 orang (28,8%). Hasil evaluasi pembelajaran daring selama masa pandemi pada mahasiswa keperawatan Universitas Udayana didapatkan sebagian besar dengan kepuasan dalam kategori tinggi yaitu 109 orang (63,8%). Karakteristik responden yang merespon dengan kepuasan yang tinggi sebagian besar berjenis jenis kelamin perempuan yaitu 89 orang (52,4%) dan pada tahun kedua atau angkatan 2021 yaitu 40 orang (23,5%). Hasil penelitian disimpulkan responden didominasi perempuan, angkatan 2021 (tahun ke-2) dengan rentang usia antara 18 hingga 22 tahun. Berdasarkan gambaran evaluasi kepuasan pembelajaran daring selama masa pandemi pada mahasiswa keperawatan Universitas Udayana sebagian besar masuk kedalam kategori tinggi.
Downloads
References
Anti A. & Dewi E. K. (2021). Implementasi Menejemen Pembelajaran Tatap Muka Di Masa PandemI COVID-19 1. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8(5), 1013–1019. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index
Badan Pusat Statistik. (2022). Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi (PT). https://sirusa.bps.go.id/sirusa/index.php/indikator/613
Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis kepuasan Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–989. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/476
Budhianto, B. (2020). Analisis perkembangan dan faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran daring (e-learning). Jurnal AgriWidya, 1(1), 11–29
Dirjen Dikti. (2020). Buku Pendidikan Tinggi di Masa Pandemi COVID-19. www.dikti.kemdikbud.go.id
Hapsari, T. P. R. N., & Fitria, A. S. (2020). Kepuasan Pembelajaran Daring Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 2(01), 11–20. https://doi.org/10.46772/semantika.v2i01.259
Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 9(2), 920–935.
Iskandar, Masthura S., Oktabiyana C. (2020). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Abulyatama. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 323–332.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2021a). Ajar. https://kbbi.web.id/ajar
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2021b). Evaluasi. https://kbbi.web.id/evaluasi
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2022). Kelamin. https://kbbi.web.id/kelamin
Komisi Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional. (2017). Pedoman dan standar etik penelitian dan pengembangan kesehatan nasional. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Available at http//www.ke.litbang.kemkes.go.id. Accessed on 15 december 2021.
Legistiawan, M. I. (2020). Kepuasan Pembelajaran Daring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Makassar Angkatan 2019. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(1), 5–7.
Marcelina, R. N. (2021). Bedanya Endemi, Epidemi, dan Pandemi. Universitas Airlangga. https://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/808-bedanya-endemi-epidemi-dan-pandemi
Mubarok, M. N. (2021). Pengaruh Proses Belajar E- learning dan Kreativitas Dosen terhadap Kepuasan Pembelajaran Masa Pandemi Covid 19 di Institut PTIQ Jakarta. Institut PTIQ Jakarta, 7(2), 107–115. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/503/1/2021-MUCHAMMAD NAFI%27 MUBAROK-2017.pdf
Nasution, N., Jalinus N., & Syahril. (2019). Buku Model Blended Learning (B. Simamora (ed.)). Anugrah Jaya. http://repository.unp.ac.id/26576/1/0_Buku Model Balnded Learning.pdf
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124
Nurhadi, N. (2020). Blended Learning dan Aplikasinya di Era New Normal Pandemi Covid-19. Agriekstensia, 19(2), 121–128.
Peraturan Perundang-undangan. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 52(1), 5–24.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Ilmiah. CV Sarnu Untung. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=s9bsDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=pembelajaran+daring&ots=CsYUSfCpGi&sig=3TOeSMeF_LEiLsD_SGKM1Nqpcpo&redir_esc=y#v=onepage&q=pembelajaran daring&f=false
Putra, A. P. (2021). Kepuasan Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19, Metode Dan Evaluasi. Intersections, 6(1), 13–22. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.588
Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010
Pratiwi, A. (2021). Pengaruh Kuliah Daring Terhadap Kepuasan Pembalajaran Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar (Studi Kasus Pada Program Studi Manajemen). https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/28188-Full_Text.pdf
Prayoga, G. (2009). Kesetaraan Gender Perawat Laki-laki dan Perawat Perempuan dalam Pelayanan Kesehatan (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Kesetaraan Gender antara Perawat Laki-laki dan Perawat Perempuan dalam Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Soeradji Tirtonegoro Klaten. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/8925
Priyastuti, M. T., & Suhadi. (2020). Kepuasaan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid- 19. Journal of Language and Health, Volume 1 No 2, 49–56. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JLH/article/download/383/261/
Rhetiya M, Indah M, I. S. (2020). Gambaran Kepuasan Pembelajaran dalam Jaringan Mahasiswa Program Studi Keperawatan Universitas Jambi selama Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 1(2), 84–93.
Satgas Covid-19. (2021). Apa yang dimaksud dengan pandemi? https://covid19.go.id/tanya-jawab?search=Apa yang dimaksud dengan pandemi
Satgas Penanganan Covid-19. (2022). Peta Sebaran. https://covid19.go.id/peta-sebaran
Soemari, Y. B. (2020). Kepuasan Pembelajaran Daring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Makassar Angkatan 2019. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(1), 5–7. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0A
Sumargo B. (2020). Teknik Sampling. https://books.google.co.id/books?id=FuUKEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Trisakti. (2022). Sistem Kredit Semester. Trisakti School of Multimedia. https://www.trisaktimultimedia.ac.id/informasi-umum/sistem-kredit-semester/
Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (Edisi 1). Penerbit Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Universitas Islam Indonesia. (2021). Masa Transisi Perkembangan Menuju Dewasa. https://www.uii.ac.id/masa-transisi-perkembangan-remaja-menuju-dewasa/
Wulan, E. R., & Rusdiana. (2013). Evaluasi Pembelajaran. http://digilib.uinsgd.ac.id/2336/1/BUKU EVALUASI PEMBELAJARAN.pdf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.