HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN BURNOUT SYNDROME PADA MAHASISWA YANG MENJALANI PEMBELAJARAN DARING

  • I Gede Angga Ariesta Widayana Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Ni Kadek Ayu Suarningsih Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Kadek Cahya Utami Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Perubahan sistem pembelajaran daring berpotensi menyebabkan burnout syndrome. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan burnout syndrome pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang menjalani pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif korelatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 243 responden yang diperoleh melalui teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan Trait Emotional Intelligence Questionnaire - Adolescent Short Form dan Maslach Burnout Inventory-Student Survey. Analisis data menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan burnout syndrome dengan kekuatan hubungan lemah dan arah korelasi negatif. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional, maka semakin rendah tingkat burnout syndrome, begitupun sebaliknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, R. A. R. (2013). Kecerdasan emosional, dukungan sosial dan kecenderungan burnout. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2).
Alimah, S., & Swasti, K. G. (2018). Gambaran burnout pada mahasiswa keperawatan di purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, 11(2), 130-141.
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), 99-108.
Avionela, F., & Fauziah, N. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Burnout Pada Guru Bersertifikasi Di SMA Negeri Kecamatan Bojonegoro. Jurnal Empati, 5(4), 687-693.
Bakker, A. B., & Costa, P. L. (2014). Chronic job burnout and daily functioning: A theoretical analysis. Burnout Research, 1(3), 112–119. doi:10.1016/j.burn.2014.04.003.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.
Haresabadi, M., Seyed, S. H., & Yaghubi M, M. (2016). The relationship between emotional intelligence and occupational burnout among nurses. Journal of North Khorasan University of Medical Sciences, 7(3), 527-536.
Illahi, U., Neviyarni, S., Said, A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Agresif Remaja dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 68–74. DOI: 10.29210/3003244000.
Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa pada Masa Pandemik Covid-19. Behavioral Accounting Journal, 3(1), 37-46.
Karim, A., & Purba, H. P. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Burnout pada Perawat dengan Coronavirus Anxiety sebagai Variabel Mediator. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 1(1), 448-459.
Kartika, C., D. (2015). Hubungan kecerdasan emosi dengan stres akademik mahasiswa Fakutas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Moensaku, A. (2016). PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA DITINJAU DARI POLA ATTACHMEN (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Nel, J. A., Jonker, C. S., & Rabie, T. (2013). Emotional intelligence and wellness among employees working in the nursing environment. Journal of Psychology in Africa, 23(2), 195–203. https://doi.org/10.1080/14330237.2013.10820615.
Puspitaningrum, K. (2018). Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap burnout pada mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(10), 615-625.
Putri, R. A. (2020). Korelasi Kecerdasan Emosional terhadap Kejadian Burnout pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kedoteran Universitas Lampung. Skripsi.
Rahmasari, A. F., Setiawan, F., & Faradilah, M. N. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 17 Surabaya di Tengah Pandemi Covid-19. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 158-168.
Redityani, N. L. P. A., & Susilawati, L. K. P. A. (2021). Peran resiliensi dan dukungan sosial terhadap burnout pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 8(1), 86-94.
Rifa, A. & Catharina, T., A. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.
Sahputra, D., Syahniar, & Marjohan. (2016). Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(3), 182–193.https://doi.org/10.24036/02016536554-0-00.
Situmorang, G. C. I, & Desininggrum, D. R. (2020). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan coping stres pada mahasiswa tingkat pertama jurusan musik di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Empati, 7(3), 112-118.
Vlachou, E. M., Damigos, D., Lyrakos, G., Chanopoulos, K., Kosmidis, G., & Karavis, M. (2016). The relationship between burnout syndrome and emotional intelligence in healthcare professionals. Health Science Journal, 10(5), 1.
Published
2022-04-29
How to Cite
WIDAYANA, I Gede Angga Ariesta; SUARNINGSIH, Ni Kadek Ayu; UTAMI, Kadek Cahya. HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN BURNOUT SYNDROME PADA MAHASISWA YANG MENJALANI PEMBELAJARAN DARING. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 219-224, apr. 2022. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/85122>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i02.p14.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)