HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN KUALITAS TIDUR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS UDAYANA
Abstract
Stres akademik merupakan stres yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan. Penyebab dari stres akademik yaitu ketidakmampuan individu dalam melakukan penyesuaian dengan tuntutan akademik. Stres akademik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas tidur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan stres akademik dengan kualitas tidur pada mahasiswa keperawatan Universitas Udayana. Penelitian menggunakan metode kuantitatif korelatif dengan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 163 responden yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Variabel independent penelitian ini adalah stres akademik, sedangkan variabel dependent adalah kualitas tidur. Data dikumpulkan dengan kuesioner Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA) dan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Hasil penelitian menunjukkan 55 mahasiswa (33,7%) memiliki stres akademik sangat tinggi dan 118 mahasiswa (72,4%) memiliki kualitas tidur buruk. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman Rank. Hasil uji korelasi menunjukkan terdapat hubungan antara stres akademik dengan kualitas tidur dengan kekuatan korelasi lemah dan arah hubungan positif (r = 0,236; p = 0,002), yang berarti semakin tinggi stres akademik maka kualitas tidur akan semakin buruk.
Downloads
References
Ahrberg, K., Dresler, M., Niedermaier, S., Steiger, A., & Genzel, L. (2012). The interaction between sleep quality and academic performance. Journal of psychiatric research, 46(12), 1618–1622. https://doi.org/10.1016/j.jpsychires.2012.09.008.
Albert, P., R. (2015). Why is depression more prevalent in women. J Psychiatry Neurosci, 40(4): 219-221. DOI: 10.1503/jpn.150205.
Almojali, A., I., Almalki, S., A., Alothman, A., S., Masuadi, E., M., Alaqeel, M., K. (2017). The prevalence and association of stress with sleep quality among medical students. J Epidemiol Glob Health, 7(3):169-174. doi: 10.1016/j.jegh.2017.04.005.
Ambarwati, P., D., Pinilih, S., S., & Astuti, R., T. (2019). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40-47.
Blaxton, J., M., Bergeman, C., S., Whitehead, B., R., Braun, M., E., Payne, J., D. (2017). Relationships among nightly sleep quality, daily stress, and daily affect. Journal Gerontology, 1;72(3):363-372. doi: 10.1093/geronb/gbv060.
Budianta, R., E. (2016). Faktor penyebab stres yang dominan pada mahasiswa tahun pertama fakultas kedokteran universitas muhammadiyah malang. (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Duran, S., & Erkin, O. (2021). Psychologic distress and sleep quality among adults in Turkey during the COVID-19 pandemic, Progress in Neuro-Psychopharmacology and Biological Psychiatry, https://doi.org/10.1016/j.pnpbp.2021.110254
Faoziyah, N., & Suharjana, S. (2020). Kualitas dan efisiensi tidur yang buruk pada mahasiswa olahraga tahun pertama srata-1 terhadap pembelajaran gerak. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(2), 514-525.
Filippello, P., Harrington, N., Costa, S., Buzzai, C., & Sorrenti, L. (2018). Perceived parentalpsychological control and school learned helplessness: The role of frustration intolerance as amediator factor. School Psychology International, 39, 360-377. https://doi.org/10.1177/0143034318775140.
Fitriasari, A., Septianingrum, Y., & Budury, S. (2020). Stres pembelajaran online berhubungan dengan strategi koping mahasiswa selama pandemi covid-19. Jurnal Keperawatan, 12(4), 985-992.
Huang, L., Lei, W., Xu, F., Liu, H., & Yu, L. (2020). Emotional responses and coping strategies in nurses and nursing students during Covid-19 outbreak: A comparative study. PloS one, 15(8), e0237303. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0237303.
Hyun, S., Hahm, H., C., Wong, G., T., F., Zhang, E., Liu, C., H. (2020). Psychological correlates of poor sleep quality among u.s. young adults during the COVID-19 Pandemic Sleep Medicine. https://doi.org/10.1016/j.sleep.2020.12.009.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Apa saja penyebab stres? Diakses melalui http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/stress/apa-saja-penyebab-stres pada tanggal 28 September 2020.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Pendidikan. Diakses melalui https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pendidikan pada tanggal 28 September 2020.
Kountul, Y., P., Kolibu, F., K., & Korompis, G., E., C. (2018). Hubungan jenis kelamin dan pengaruh teman sebaya dengan tingkat stres mahasiswa fakultas kesehatan masyarakat universitas sam ratulangi manado. Kesmas, 7(5).
Lemma, S., Gelaye, B., Berhane, Y., Worku, A., & Williams, M. A. (2012). Sleep quality and its psychological correlates among university students in Ethiopia: a cross-sectional study. BMC Psychiatry, 12(1). doi:10.1186/1471-244x-12-237.
Li, Y., Gu, S., Wang, Z., Li, H., Xu, X., Zhu, H. (2019). Relationship between stressful life events and sleep quality: Rumination as a mediator and resilience as a moderator. Frontiers in Psychiatry, 10.
Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres akademik mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring selama masa pandemi covid 19. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 10(1), 31-39.
Maisa, E., A., Andrial, A., Murni, D., & Sidaria, S. (2021). Hubungan Stres Akademik dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir Program Alih Jenjang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 438-444.
Michel, A., Ryan, N., Mattheus, D., Knopf, A., Abuelezam, N., Stamp, K., Branson, S., Hekel, B., & Fontenot, H., B. (2021). Undergraduate nursing students’ perceptions on nursing education during the 2020 COVID-19 pandemic: a national sample. Nursing Outlook. https://doi.org/10.1016/j.outlook.2021.05.004.
Mong, J., A., & Cusmano, D., M. (2016). Sex differences in sleep: impact of biological sex and sex steroids. Philosophical transactions of the Royal Society of London. Series B, Biological sciences, 371(1688), 20150110. https://doi.org/10.1098/rstb.2015.0110.
Park, K., H., Kim, D., H., Kim, S., K., Yi, Y., H., Jeong, J., H., Chae, J., Hwang, J., & Roh, H. (2015). The relationships between empathy, stress and social support among medical students. International journal of medical education, 6, 103–108. https://doi.org/10.5116/ijme.55e6.0d44.
Polenick, C., A., Daniel, N., R., & Perbix, E., A. (2021). Factors Associated with Sleep Disturbances Related to the COVID-19 Pandemic Among Older Adults with Chronic Conditions. The American Journal of Geriatric Psychiatry. https://doi.org/10.1016/j.jagp.2021.03.003.https://doi.org/10.1016/j.jagp.2021.03.003.
Potter, P., A., & Perry, A., G. (2010). Fundamental Keperawatan Buku 3 Edisi 7. Singapore: Elsevier.
Pulido, M., M., Augusto, L., J., M., & Lopez, Z., E. (2011). Sources of stress in nursing students: a systematic review of quantitative studies. International Nursing Review, 59(1), 15–25. doi:10.1111/j.1466-7657.2011.00939.x.
Putri, C., P., Mayangsari, M., D., & Rusli, R. (2020). Pengaruh stres akademik terhadap academic help seeking pada mahasiswa psikologi unlam dengan indeks prestasi kumulatif rendah. Jurnal Kognisia Prodi Psikologi FK ULM, 1(2), 28-37.
Reddy, K., J., Karishma, R., M., & Thattil, A. (2018). Academic stress and its sources among university students. Biomedical & Pharmacology Journal, 11(1), 531-537. doi:http://dx.doi.org/10.13005/bpj/1404.
Selviana, A. K. (2019). Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Di Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.
Safhi, M., A., Alafif, R., A., Alamoudi, N., M., Alamoudi, M., M., Alghamdi, W., A., Albishri, S., F., & Rizk, H., (2020). The association of stress with sleep quality among medical students at King Abdulaziz University. Journal of family medicine and primary care, 9(3), 1662–1667. https://doi.org/10.4103/jfmpc.jfmpc_745_19
Son, C., Hegde, S., Smith, A., Wang, X., & Sasangohar, F. (2020). Effects of covid-19 on college students' mental health in the United States: Interview Survey Study. Journal of medical Internet research, 22(9), e21279. https://doi.org/10.2196/21279.
Sugiono, Putro, W., W., Sari, S., I., K. (2018). Ergonomi untuk pemula: prinsip dasar & aplikasinya. Malang: UB Press.
Veas, A., Castejón, J. L., Miñano, P., & Gilar-Corbí, R. (2019). Relationship between parent involvement and academic achievement through metacognitive strategies: A multiple multilevel mediation analysis. The British journal of educational psychology, 89(2), 393–411. https://doi.org/10.1111/bjep.12245.