GAMBARAN TINGKAT STRES MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS UDAYANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19

  • Putu Herma Khrismadani Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Ni Komang Ari Sawitri Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Putu Oka Yuli Nurhesti Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Stres merupakan suatu respon psikologis yang dialami oleh setiap individu dimana individu tersebut dihadapkan pada hal-hal yang dirasa telah melampaui batas atau dianggap sulit untuk dihadapi. Mahasiswa merupakan salah satu kelompok yang sangat rentan terhadap stres. Tingkat stres yang sedang sampai berat yang dialami oleh mahasiswa dapat menghambat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat stres mahasiswa keperawatan Universitas Udayana dalam proses pembelajaran selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan rancangan cross sectional. Seratus enam puluh satu dari 270 mahasiswa dipilih dengan metode stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner adaptasi penelitian sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami stres sedang. Stres dilihat dari beberapa aspek, yaitu fisikal, emosional, intelektual, dan interpersonal. Berdasarkan jenis kelamin, tingkat stres didapatkan tinggi pada mahasiswa perempuan dibandingkan laki-laki. Berdasarkan angkatan, tingkat stres paling tinggi terdapat pada mahasiswa angkatan 2020. Berdasarkan IPK, tingkat stres didapatkan tinggi pada IPK dengan pujian. Berdasarkan status tempat tinggal, tingkat stres didapatkan tinggi pada mahasiswa dengan status tempat tinggal bersama orang tua. Perubahan metode pembelajaran menjadi salah satu faktor pencetus perubahan psikologis. Proses adaptasi mampu menimbulkan dampak stres bagi mahasiswa, dikarenakan kesiapan mahasiwa dalam pembelajaran daring belum matang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar mahasiswa keperawatan Universitas Udayana mengalami stres sedang dalam sistem pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, D., & Lataruva, E. (2014). Pengaruh beban kerja terhadap stres perawat igd dengan dukungan sosial sebagai variabel moderating (studi pada RSUP Dr. Kariadi Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40-47.
Argaheni, N., B. (2020). Sistematic review: dampak perkuliahan daring saat pandemi covid-19 terhadap mahasiswa Indonesia. Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), 99-108.
Augesti, G., Lisiswanti, R., Saputra, O., & Nisa, K. (2015). Differences in stress level between first year and last year medical students in medical faculty of Lampung University. Jurnal Majority, 4(4).
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143-148.
Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self disclosure dan tingkat stres pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115-130.
Hafifah, N., Widiani, E., & Rahayu, W. (2017). Perbedaan Stres Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Berdasarkan Jenis Kelamin Di Fakultas Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(3).
Hasanah, U., Ludiana, L., Immawati, I., & Livana, P. H. (2020). Psychological description of students in the learning process during pandemic covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299-306.
Kemdikbud. (2020). Surat edaran Mendikbud no 4 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (covid-19). Diakses pada https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
Kurniasari, N. D., Istiqomah, S. H., & Hendrarini, L. (2015). Hubungan Durasi, Frekuensi dan Posisi Penggunaan Serta Ukuran Laptop dengan Keluhan Muskuloskeletal Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Informatika di Universitas Negeri Yogyakarta. Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 6(4), 165-175.
Labrague, L. J., McEnroe-Petitte, D. M., De Los Santos, J. A. A., & Edet, O. B. (2018). Examining stres perceptions and coping strategies among Saudi nursing students: A systematic review. Nurse Education Today, 65(March), 192–200. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2018.03.012
Livana, P., H., Mubin, M., F., & Basthomi, Y. (2020). Attributable to student's stres during the pandemic covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203-208.
Monekaka, N. R., Kareri, D. G. R., & Manafe, D. R. T. (2020). Pengaruh latihan tarian ja’i (traditional dance) terhadap penurunan tingkat stres mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Cendana Medical Journal (CMJ), 8(1), 550-555.
Nurmala, M., D., Wibowo, T., U., S., H., & Rachmayani, A. (2020). Tingkat stres mahasiswa dalam pembelajaran online pada masa pandemi covid-19. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 5(2).
Potter, P. A., & Perry, A. G. (2010). Buku ajar fundamental keperawatan: proses konsep, dan praktik. Jakarta: EGC.
Retnaningsih, D., Aini, K., & Triyantini, O. (2018). Faktor-faktor yang berhubungan dengan stres pada mahasiswa tingkat akhir S1 ilmu keperawatan di STIKES WIDYA HUSADA SEMARANG. Jurnal Ners Widya Husada, 2(1).
Rosyidah, I. (2020). Gambaran tingkat stres akademik mahasiswa program studi ilmu keperawatan fakultas keperawatan Unhas. Jurnal ABDI (Sosial, Budaya dan Sains), 2(1).
Rumahuru, Y., Z., Siahaya, A., M., & Ambarita, J. (2021). Transformasi budaya pembelajaran era kenormalan baru pasca covid-19. Jakarta: Penerbit Adab.
Sari, D. (2020). Peran adaptif tiga universitas di Jabodetabek dalam menghadapi sistem belajar online selama pandemi covid 19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 25-32).
Sarwar, A., Ketavan, C., & Butt, N., S. (2015). Impact of elearning perception and elearning advantages on elearning for stress management (mediating role of eLearning for corporate training). Pakistan journal of statistics and operation research, 241-258.
Simbolon, I. (2015). Gejala stres akademis mahasiswa keperawatan akibat sistem belajar blok di fakultas ilmu keperawatan x Bandung. Jurnal Skolastik Keperawatan. Vol. 1 No. 1. Januari-Juni 2015.
Wahyudi, R., Bebasari, E., & Nazriati, E. (2017). Gambaran tingkat stres pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas riau tahun pertama. Jurnal Ilmu Kedokteran, 9(2), 107-113.
Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah perguruan tinggi kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8.
Yee, L. Y., & Yusoff, M. S. B. (2013). Prevalence and sources of stress among medical students in Universiti Sains Malaysia and Universiteit Maastricht. Education in medicine journal, 5(4)
Published
2022-04-29
How to Cite
KHRISMADANI, Putu Herma; SAWITRI, Ni Komang Ari; NURHESTI, Putu Oka Yuli. GAMBARAN TINGKAT STRES MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS UDAYANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 166-172, apr. 2022. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/84528>. Date accessed: 05 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i02.p07.
Section
Articles