GAMBARAN TINGKAT STRES ORANG TUA SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Beberapa orang tua mengalami kendala selama pembelajaran jarak jauh seperti kesulitan dalam memberikan motivasi atau meningkatkan mood anak untuk belajar, kesulitan dalam mengajarkan anak, kendala kuota dan jaringan, serta kesulitan dalam mendampingi anak belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat stres orang tua siswa SD Negeri X selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif melalui penyebaran kuesioner online kepada 85 orang tua siswa SD Negeri X dengan teknik proportionate stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu kuesioner Perceived Stress Scale 10 yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai tengah usia orang tua yaitu 37 tahun dengan usia termuda yaitu 24 tahun dan usia tertua yaitu 61 tahun. Mayoritas orang tua siswa berjenis kelamin perempuan, berpendidikan terakhir SMA, status bekerja, golongan pendapatan sedang, sarana dan prasarana elektronik hanya menggunakan satu fasilitas berupa handphone, kondisi jaringan internet lancar, mendapatkan subsidi kuota, dapat menggunakan aplikasi pembelajaran secara mandiri, dan jumlah orang tua siswa terbanyak berada pada kelas II dan IV. Tingkat stres orang tua mayoritas berada pada kategori stres sedang.
Downloads
References
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali. (2020). Provinsi Bali Tanggap COVID-19. Diakses melalui: https://infocorona.baliprov.go.id/, pada tanggal 7 Oktober 2020.
Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. (2014). Upah Minimum Regional/Provinsi (UMR/UMP) Per Bulan (dalam Rupiah). Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Bali Post. (2020). Puluhan Ribu Siswa Se-Gianyar Segera Dapat Kuota Internet Gratis. Diakses melalui https://www.balipost.com/news/2020/09/24/148715/Puluhan-Ribu-Siswa-se-Gianyar-Segera.html, pada tanggal 5 Juni 2021.
Bhat, R. M., Sameer, M. K., & Ganaraja, B. (2011). Eustress in Education: Analysis of the Perceived Stress Score (PSS) and Blood Pressure (BP) during Examinations in Medical Students. J. Clinical and Diagnostic Research, 5(7), 1331-1335.
Brown, S. M., Doom, J. R., Pe˜na, S. L., Watamura, S. E., & Koppels, T. (2020). Stress and Parenting During The Global COVID-19 Pandemic. Child Abuse & Neglect, xxx (xxxx) xxx, 1-14.
Dewi, N. K. S. S. (2017). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Ibu Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Di SDN Gugus IV Perampuan Kecamatan Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017 [Skripsi]. Universitas Mataram: Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Firman., & Sari. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2).
Fitriani, N. L., & Andriyani, S. (2015). Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Sikap Anak Usia Sekolah Akhir (10-12 Tahun) Tentang Makanan Jajanan Di SD Negeri Ii Tagog Apu Padalarang Kabupaten Bandung Barat Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 1(1).
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496- 503.
Hiraoka, D., & Tomoda, A. (2020). The Relationship Between Parenting Stress and School Closures due to the COVID-19 Pandemic. Doi: 10.1111/pcn.13088.
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI). (2017). Survey Penggunaan TIK: Serta Implikasinya terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). (2021). Bantuan Kuota Data Internet 2021: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses melalui: https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/, pada tanggal 5 Juni 2021.
Khalimah, S. N. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Mi Darul Ulum Pedurungan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021 [Skripsi]. Salatiga: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.
Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Lestari, W. (2016). Hubungan Tinggat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD di Gugus IV Sandubaya Tahun 2016 [Skripsi]. Universitas Mataram: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Lilawati, A. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549-558.
Maulidya, F., Adelina, M., & Hidayat, F. A. (2015). Periodesasi Perkembangan Dewasa. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo: Fakultas Agama Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Pinantoan, A. (2013). The Effect of Parental Involvement on Academic Achievement.
Potter, P. A., & Perry, A. G. (2010). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktik, Buku 2, Edisi 7. Jakarta: EGC
Pratiwi, Y. R. (2020). Dua Sisi Work from Home (WFH). Diakses melalui: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13030/Dua-Sisi-Work-Form-Home-WFH.html, pada tanggal 11 November 2020.
Priyoto. (2014). Konsep Manajemen Stres. Yogyakarta: Nuha Medika.
Putri, D. P. K., & Lestari, S. (2015). Pembagian Peran Dalam Rumah Tangga Pada Pasangan Suami Istri Jawa. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(1), 72-85.
Putri, R. M., Oktaviani, A. D., Utami, A. S. F., Ni`maturrohmah, Addiina, H. A., & Nisa, H. (2020). Hubungan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform dengan Tingkat Stres Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 2(1), 38-45.
Rahmawati, V. (2018). Peran Istri Dalam Rumah Tangga Dalam Perspektif Keadilan Gender. Salatiga: Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.
Saifullah. (2020). Orang Tua Pengganti Peran Guru di Masa Pandemi Covid-19. Aceh: Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Aceh. Diakses melalui: http://pauddikmasaceh.kemdikbud.go.id/news/orang-tua-pengganti-peran-guru-di-masa-pandemi-covid-19/index.html, pada tanggal 29 November 2020.
Sari, R. (2016). Hubungan Pendapatan Orang Tua Siswa Dengan hasil Belajar Ips Di SDN Gugus 4 Sukowati Kabupaten Sragen [Skripsi]. Universitas Negeri Semarang: Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan.
Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Republik Indonesia. (2020). Data Sebaran COVID-19 di Indonesia. Diakses melalui: https://covid19.go.id/, pada tanggal 3 Oktober 2020.
Satuan Tugas Penanganan COVID-19 & Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Jakarta: Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Republik Indonesia.
Seiler, A., Fagundes, C. P., & Christian, L. M. (2020). The Impact of Everyday Stressors on the Immune System and Health. Stress Challenges and Immunity in Space.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Spinelli, M., Lionetti, F., Pastore, M., & Fasolo, M. (2020). Parents’ Stress and Children’s Psychological Problems in Families Facing the COVID-19 Outbreak in Italy. Front. Psychol, 11, 1713.
Susilowati, E., & Azzasyofia, M. (2020). The Parents Stress Level in Facing Children Study From Home in the Early of Covid-19 Pandemic in Indonesia. International Journal of Science and Society, 2(3), 1-12.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772-782.
World Health Organization (WHO). (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Situation Report –94. Diakses melalui: https://www.who.int/docs/defaultsource/coronaviruse/situation-reports/20200423-sitrep-94-covid-19.pdf, pada tanggal 3 Oktober 2020.
Wulandari, F. E., Hadiati, T., & Sarjana, W. (2017). Hubungan antara tingkat stres dengan tingkat insomnia mahasiswa/i angkatan 2012/2013 Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 6(2), 549-557.
Wulandari, S. (2014). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Rejondani Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
Wu, M., Xu, W., Yao, Y., Zhang, L., Guo, L., Fan, J., … Chen, J. (2020). Mental Health Status of Students’Parents During COVID-19 Pandemic and its Influence Factors. General Psychiatry, 33, 1-9.
Yonson, D. L. (2016). Level of Parent Involvement in the Elementary and Secondary Levels. The Normal Lights, 10(1), 182–203.
Zahrok, S., & Suarmini, N. W. (2018). Peran Perempuan dalam Keluarga. IPTEK Journal of Proceedings Series, 3(5), 61.