HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN

  • Putu Veren Devayanti Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Made Rini Damayanti S. Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • I Made Suindrayasa Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Mahasiswa keperawatan diharapkan memiliki kemampuan kontrol diri yang baik karena berkaitan dengan pekerjaannya kelak sebagai perawat. Mahasiswa yang tidak mampu mengendalikan diri dengan baik selama proses pendidikan akan cenderung melakukan prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik akan lebih banyak memberikan dampak negatif bagi mahasiswa yang dapat mempengaruhi keberhasilan akademik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada Mahasiswa Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif korelatif dengan rancangan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 164 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Analisis hasil penelitian menggunakan uji Spearman Rank. Sebagian besar responden dalam penelitian ini memiliki kontrol diri rendah (57,9%) dan tingkat prokrastinasi akademik sedang (48,8%). Hasil penelitian didapatkan nilai p sebesar 0,000 (p ? 0,05). Nilai coefficient correlation didapat sebesar -0,623 menunjukkan korelasi negatif dengan kekuatan korelasi kuat. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adani, N. (2018). Pengaruh Keterlibatan Ayah terhadap Kontrol Diri pada Remaja Akhir di Jakarta. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Agustina, Z. (2019). Hubungan antara Kontrol Diri dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Ariyanto, R., Netrawati., dan Yusri. (2019). Relationship between Self Control and Academic Procrastination in Completing Thesis. NeoKonseling, 1(2), 1-7.
Azhari, D.T., dan Ibrahim, Y. (2019). Self Control of Student Who Tend to Academic Procrastination. NeoKonseling, 1(2), 1-9.
Babu, P., Chandra, K.M., Vanishree, M.K., dan Amritha, N. (2019). Relationship between Academic Procrastination and Self-esteem among Dental Students in Bengaluru City. Journal of Indian Association of Public Health Dentistry, 17:146-51.
Chotimah, C., dan Nurmufida, L. (2020). Pengaruh Self-Regulated Learning dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. J-PMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 55-65.
Diantika, E. (2017). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Kualitas Persahabatan pada Remaja Akhir. Jurnal Psikologi, 10(2), 167-173.
Eyimaya, A.O., Ozdemir, E.A., Tezel, A., & Duyan, V. (2020). Evaluation of Nursing Students’ Self Control in Turkey. JPMA, 70(6), 1013-1017.
Ghufron, M. N. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2012). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Gultom, S.A., Wardani, N.D., dan Fitrikasari, A. (2019). Hubungan Adiksi Internet dengan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 7(1), 330-347.
Gultom, R.F.N., dan Tambunan, E.H. (2021). Pengalaman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ners dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Nursing Update, 12(1), 11-21.
Guo, M., Yin, X., Wang, C., Nie, L., & Wang, G. (2019). Emotional Intelligence a Academic Procrastination among Junior College Nursing Students. JAN: J Adv Nurs. 1-9.
Hayat, A.A., Kojuri, J., dan Amini, M. (2020). Academic Procrastination of Medical Students: The Role of Internet Addiction. Journal of Advances in Medical Education & Professionalism, 8(2), 83-89.
Ismail, A. B., & Zawahreh, N. (2017). Seld-Control and Its Relationship with the Internet Addiction among A Sample of Najran University Students. Journal of Education and Human Development, 6(2), 168-174.
Malkoç, A., dan Mutlu, A.K. (2018). Academic Self Efficacy and Academic Procrastination: Exploring the Mediating Role of Academic Motivation in Turkish University Students. Universal Journal of Educational Research, 6(10), 2087-2093.
Mandasari, D., dan Nirwana, H. (2019). Relationship of Self-Control with Student Academic Procrastination. NeoKonseling, 1(2), 1-7.
Marsela, R.M., dan Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri: Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 3(2), 65-69.
Muslich, M. (2014). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Muyana, S. (2018). Prokrastinasi Akademik di Kalangan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 45-52.
Ningtiyas, P.W., dan Surjanti, J. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Ekonomi pada Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1660-1668.
Nurfitriana, P. (2016). Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Tahun Pertama di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Oliva, A., Suarez, L.A., dan Meirinhos, R. (2019). Uncovering the Link between Self-Control, Age, and Psychological Maladjustment among Spanish Adolescents and Young Adults. Psychosocial Intervention, 28(1), 49-55.
Paramitasari, R., & Alfian, I. (2012). Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Kecenderungan Memaafkan pada Remaja Akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(1), 21-30.
Puspaningtyas, N.D., dan Dewi, P.S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 703-712.
Putri, D.A.J. (2019). Studi Deskriptif tentang Pola Asuh Otoritatif, Kontrol Diri, dan Sikap Remaja terhadap Perilaku Seks Bebas. In Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(02), 78-88.
Putro, K.Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 17(1), 25-32.
Rachmawati, Y., Ma’arif, M., Fadillah, N., Inayah, N., Ummah, K., Siregar, M.N.F., dan Almayaningsih, R.C. (2020). Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA saat Masa Pandemi Covid-19 di UIN Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal of Science Learning, 1(1), 32-36.
Rahma, R., & Safarati, N. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa selama Pandemic Covid-19. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12 (1).
Saragih, O. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 7(3), 178-191.
Sari, W.L., dan Fakhruddiana, F. (2019). Internal Locus of Control, Social Support and Academic Procrastination among Students in Completing the Thesis. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(2), 363-368.
Setiawan, H.P., dan Faradina, S. (2018). Perfeksionisme dengan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Seurune, Jurnal Psikologi Unsyiah, 1(2), 20-36.
Schunk, D. H., & Usher, E. L. (2012). Learning Theories and Educational Perspective. Boston: Pearson.
Suhadianto.,Pratitis, N. (2019). Eksplorasi Faktor Penyebab, Dampak, dan Strategi untuk Penanganan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi), 10(2), 204-223.
Sukarena, M.T.A., ustika, M. (2019). Peran Kontrol Diri dan Pola Asuh Autoritatif terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 6(2), 249-260.
Surijah, E.A., dan Tjundjing, S. (2017). Mahasiswa versus Tugas: Prokrastinasi Akademik dan Conscientiousness. Anima: Indonesian Psychological Journal, 22(4), 352-374.
Tangney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2004). High Self Control Predicts Good Adjusment, Less Pathology, Better Grades, and Interpersonal Success. Journal of Personality, 72 (2), 271-322.
Tuckman, B. W. (1991). The Development and Concurrent Validity of The Procrastination Scale. Educational and Psychological Measurement, 51, 473-480.
Turmudi, I., dan Suryadi. (2021). Manajemen Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa selama Pembelajaran Daring. al-Tazkiah, 10(1), 39-58.
Vargas, M, A, P. (2017). Academic Procrastination: The Case of Mexican Researches in Psychology. American Journal of Education and Learning, 2(2), 103-120.
Wahyullah, D. (2014). Peningkatan Kesiapan Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi melalui Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Ngaglik. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Wijaya, H.E., dan Tori, A.R. (2018). Exploring the Role of Self Control on Student Procrastination. International Journal of Research in Counseling and Education, 02(01), 12-18.
Winata, R., Friantini, R.N., dan Astuti, R. (2021). Kemandirian Belajar dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa pada Perkuliahan Daring. Jurnal e-DuMath, 7(1), 18-26.
Published
2022-06-29
How to Cite
DEVAYANTI, Putu Veren; DAMAYANTI S., Made Rini; SUINDRAYASA, I Made. HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 10, n. 3, p. 242-250, june 2022. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/84525>. Date accessed: 11 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i03.p02.
Section
Articles