PENGARUH BREASTFEEDING PEER SUPPORT TERHADAP PERILAKU IBU DALAM MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS IV DENPASAR SELATAN

  • Ni Putu Intan Mertaningsih
  • Ni Ketut Guru Prapti
  • Meril Valentine Manangkot

Abstract

Program ASI eksklusif yang dicanangkan pemerintah hingga saat ini belum mencapai target yang telah ditetapkan. Salah satu penyebab masalah tersebut karena pengetahuan dan tindakan menyusui ibu yang keliru dalam memberikan ASI eksklusif. Hal ini terjadi pula pada Puskesmas IV Denpasar Selatan yang memiliki nilai cakupan ASI di bawah 80% meskipun telah memiliki program ASI eksklusif. Mengatasi hal tersebut WHO merekomendasikan untuk membentuk kesehatan berbasis masyarakat salah satunya dengan Breastfeeding Peer Support (BPS) untuk mendukung dan memotivasi ibu dalam menyusui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh BPS terhadap perilaku ibu dalam menyusui di wilayah kerja Puskesmas IV Denpasar Selatan. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan studi pretest and posttest group design. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji beda statistik non-parametrik Wilcoxon dan Mann-Whitney. Sampel penelitian adalah ibu menyusui yang memiliki anak usia 0-2 tahun. Jumlah sampel sebanyak 24 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara non- probability sampling yaitu dengan purposive sampling. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan dari 1 Maret hingga 31 Maret 2016. Hasil penelitian menunjukkan nilai p value pada domain pengetahuan sikap, dan tindakan kurang dari 0.05 yang berarti ada pengaruh BPS terhadap perilaku ibu dalam menyusui. Adanya perubahan perilaku ibu menyusui disebabkan oleh dukungan dan motivasi yang diberikan BPS, dimana hal ini juga dipengaruhi oleh dukungan budaya sekitar ibu dan pengalaman ibu dalam menyusui.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. (2003). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Edisi ke-1. Cetakan VII. Pustaka Pelajar Offset. Yogyakarta

Engebretsen, I. M. S., Nankabirwa, V., Doherty, T., Diallo, A. H., Nankunda, J., Fadnes, L. T., ... & Tumwine, J. K. et al. (2014). Early infant feeding practices in three African countries: the PROMISE-EBF trial promoting exclusive breastfeeding by peer counsellors. International breastfeeding journal, 9(1), 1-11

Ernawati, A. (2013). Pembangunan Pati. Seri Bunga Rampai. Pati: CV.Surya Grafika.163-184

Grant, M. & Ogden, M. (2012). Best Practice for Breastfeeding Peer Support A practical guide for those purchasing breastfeeding support services. NHS Devon Council

Handayani, L. Kosnin, A.M. & Jiar, Y.K. (2014). Breastfeeding Education in Term of Knowledge and Attitude through Mother Support Group. Journal of Education and Learning. 6 (1) : 65-72.

Kohariningsih, Y. D., & Ngadiyono, N. (2015). Hubungan Antara Sikap dan Dukungan Suami dengan Praktik Pemberian ASI Eksklusif pada Ibu tidak Bekerja yang mempunyai Bayi 7-12 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Ngemplak SImongan Kecamatan. Jurnal Kebidanan, 2(4), 43-50.

La Leche League Canada. (2010). Breastfeeding Mothers. Retrieved from: www.lllc.ca/get-help diakses pada 2 Agustus 2015
Morhason-Bello, I. O., Adedokun, B. O., & Ojengbede, O. A. (2009). Social support during childbirth as a catalyst for early breastfeeding initiation for first-time Nigerian mothers. International breastfeeding journal, 4(16), 4358-16.

Nursalam. (2014). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika

Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. (2014). Dalam pekan ASI Internasional 1-7 Agustus 2014

Roesli, U. (2007). Mengenal ASI Eksklusif. Jakarta: Trubus Agriwidya

Roesli, U. (2008). Inisiasi Menyusu Dini Plus ASI Eksklusif .Jakarta : Pustaka Bunda

Smith, P.H. et al. (2012). Early Breastfeeding Experiences of Adolescent Mothers: a Qualitative Prospective Study. International Breastfeeding Journal, 7:13.

Thomson, G., Balaam, M. C., & Hymers, K. (2015). Building social capital through breastfeeding peer support: insights from an evaluation of a voluntary breastfeeding peer support service in North-West England. International breastfeeding journal, 10(1), 15
Published
2017-04-29
How to Cite
MERTANINGSIH, Ni Putu Intan; PRAPTI, Ni Ketut Guru; MANANGKOT, Meril Valentine. PENGARUH BREASTFEEDING PEER SUPPORT TERHADAP PERILAKU IBU DALAM MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS IV DENPASAR SELATAN. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 34-43, apr. 2017. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/41209>. Date accessed: 28 sep. 2024.
Section
Articles