GAMBARAN MEKANISME KOPING MAHASISWA TINGKAT AWAL KEPERAWATAN FK UNUD

  • Amtul Waheed Universitas Udayana
  • Ni Made Dian Sulistiowati Universitas Udayana
  • Made Oka Ari Kamayani Universitas Udayana
  • Kadek Eka Swedarma Universitas Udayana

Abstract

Koping merupakan kemampuan individu untuk menghadapi stresor dalam kehidupannya, hal ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal yang memengaruhi cara individu mengatasi masalah tersebut. Kemampuan ini menentukan apakah individu dapat menyelesaikan akar masalah atau menghindari masalah tersebut secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mekanisme koping pada mahasiswa tingkat awal Program Studi Keperawatan FK Unud. Metode penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional, penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners FK Unud. Populasi penelitian terdiri dari 85 mahasiswa semester awal Keperawatan FK Unud. Pengumpulan data dilakukan pada bulan April 2024 menggunakan instrumen Brief-COPE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 53 responden (62%) menggunakan kemampuan koping jenis Avoidance Focused Coping, sementara 32 responden (38%) menggunakan kemampuan koping jenis Emotion Focused Coping. Sebuah mekanisme koping yang efektif adalah dengan menyelesaikan akar masalahnya, dikenal sebagai Problem Focused Coping (PFC). Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi mekanisme koping individu dan merancang intervensi yang dapat merubah mekanisme koping tersebut secara positif dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adryana, N.C., Oktafany., Apriliana, E., Dwita, O. (2020). Perbandingan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat I, II, dan III Fakultas Kedokteran Universitas
Algorani, E. B., & Gupta, V. (2023). Coping Mechanisms. NCBI Bookshelf. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK559031/?report=printable
Daulay, N., (2021). Motivasi dan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa Baru. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 18(1).
Fauziah, D.F., Mujiburohman, D.A., (2023). Pentingnya Peran Support System dalam Perkuliahan Terhadap Proses Belajar. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan 7, 187–195. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v7i2.68153
Hulukati, W., & Djibran, Moh. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Bikoetik, 2, 73–114.
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (T. Chandra, Ed.). Zifatama Publishing.
Purnama, N. L. A., Widayanti, M. R., Yuliati, I., & Kurniawaty, Y. (2023). Pengaruh Mekanisme Koping Terhadap Stres Remaja. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 16(1), 10–20. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v16i1.2448
Rosyidah, I., Efendi, A. R., Arfah, Muh. A., Jastman, P. A., & Pratami, N. (2020). Gambaran Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Unhas. Jurnal ABDI, 2(1).
Rofiqah, R. (2023). The Effect of Self-compassion and Support Systems on Flourishing in Students (pp. 68–76). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-032-9_8
Santoso, A., Ardi, W. R., Luhur Prasetya, R., Dwidiyanti, M., Wijayanti, D. Y., Mu’in, M., Ulliya, S., Handayani, F., Sulisno, M., Ni’mah, M., & Aisah, N. A. (2020). Tingkat Depresi Mahasiswa Keperawatan di Tengah Wabah COVID-19. Journal of Holistic Nursing and Health Science, 3(1). https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/hnhs
Wu, Y., Yu, W., Wu, X., Wan, H., Wang, Y., & Lu, G. (2020). Psychological Resilience and Positive Coping Styles Among Chinese Undergraduate Students: A Cross-Sectional Study. BMC Psychology, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40359-020-00444-y
Published
2025-03-31
How to Cite
WAHEED, Amtul et al. GAMBARAN MEKANISME KOPING MAHASISWA TINGKAT AWAL KEPERAWATAN FK UNUD. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 12, n. 4, p. 453-457, mar. 2025. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/125247>. Date accessed: 14 oct. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2024.v12.i04.p11.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)