GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN LANSIA TERHADAP LAYANAN SANTUN LANSIA DI PUSKESMAS II DENPASAR BARAT

  • Putu Ayu Krisna Sutrisni Universitas Udayana
  • Putu Ayu Sani Utami Universitas Udayana
  • Desak Made Widyanthari Universitas Udayana

Abstract

Layanan Santun Lansia adalah layanan yang menyediakan ruang khusus untuk memberikan pelayanan kepada kelompok lanjut usia, meliputi pelayanan kesehatan seperti promosi, pencegahan, pengobatan, dan rehabilitasi. Ketika para lansia berkunjung untuk mendapatkan layanan kesehatan, mereka berharap untuk merasa puas dengan perawatan yang mereka terima. Karena kepuasan pelanggan berfungsi sebagai barometer untuk layanan yang diberikan, maka diantisipasi bahwa hal itu akan meningkatkan setiap aspek kualitas layanan yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi tingkat kepuasan populasi lansia terhadap layanan lansia di Puskesmas II Denpasar Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan menggunakan alat kuantitatif. Sebanyak 190 lansia menjadi responden dalam penelitian ini. Temuan penelitian pada lima dimensi yang memiliki skor kesenjangan seluruhnya baik. Dimensi keandalan memiliki persentase kepuasan tertinggi (100%) di antara dimensi lainnya, yaitu dokter mendiagnosa penyakit secara akurat, antrean yang tidak lebih dari 30 menit, biaya pengobatan yang sesuai, dan petugas lab yang mengambil darah dengan aman dan nyaman. Dengan tingkat kepuasan 80%, dimensi empati adalah yang paling tidak puas, dan keramahan petugas kesehatan adalah salah satu area yang perlu ditingkatkan. Penelitian ini diakhiri dengan pengukuran kepuasan lansia terhadap pelayanan santun lansia yang dilaksanakan di Puskesmas II Denpasar Barat pada tahun 2024. Secara keseluruhan, para lansia dilaporkan 82,6% puas dengan layanan yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, A. A. P., & Yuesti, A. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Denpasar: ABpublisher
Ambariani., Irawan, G., Garna, H., Husin, F., Madjid, T, H., & Sukandar, H. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Puskesmas Santun Lansia Pada Kepuasan Pasien Lanjut Usia Di Puskesmas Santun Lanjut UsiaKabupaten Bogor Jawa Barat. Indonesian Journal Of Education and Midwifery Care, 1 (1).
Anisah, I. Nasution, Z. dan Yuniati. 2022. Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Kesehatan yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Binjai Kota. Journal of Healtcare Technology and Medicine, 8 (2)
Apriani, M & Wulandari, R. (2023). Promosi Kesehatan Dalam Peningkatan Hidup Lansia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Anak Bangsa, 1(1):1-5
Badrin, N. N., Rachmawaty, R., & Kadar, K. (2019). Instrumen Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan : Literature Review. Jurnal Endurance, 4(1), 87. https://doi.org/10.22216/jen.v4i1.3674
Bustan, 2007 dan Tamher, 2009:, J., Hapsari, S., Supardi, S., & Budiarto, W. (2018). Buku_Panduan Manajemen Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (BLP).
Compton, J., Glass. N., Fowler. (2019). Evidence Of


Selection Bias and Non-Response Bias in Patient Satisfaction Surveys. The IOWA Orthopedic Journal ; 39(1): 195–201.
Hanefeld, J., Powell-Jackson, T., & Balabanova, D. (2017). Appréhender et évaluer la qualité des soins: Composer avec la complexité. Bulletin of the World Health Organization, 95(5), 368–374. https://doi.org/10.2471/BLT.16.179309
Hansen, S., Setiawan, A, F., Hansun, S., & Rostiyanti, S. (2023). Etika Peneltian: Teori dan Praktik. Jakarta Barat: Podomo University Press (PU PRESS). https://www.researchgate.net/publication/367530183.
Hardani., Andriani, H., Utiawaty, J., Istiqomah, R, R., Fardani, R, A., Sukmana, D, J., & Auliya, N, H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group, https://www.researchgate.net/publication/340021548
Haryani, W., & Setyabroto, I. (2022). Modul Etika Penelitian (T. Purnama (ed.); 1st ed.). Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Jakarta I. http://keperawatan-gigi.poltekkesjakarta1.ac.id/
Hasanah, S. N., Maisyarah Nasution, S. (2020). Gambaran Pelaksanaan Program Puskesmas Santun Lansia di Kota Padang Tahun 2020. Jurnal Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia. http://jurnal.iakmi.id/index.php/FITIAKMI
Hoffmann, R & Lutz, S, U. (2019). The health knowledge mechanism: evidence on the link between education and health lifestyle in the Philippines. The European Journal of Health Economics, 20:27 – 43.
Jaul, E., & Barron, J. (2017). Age-Related Diseases and Clinical and Public Health Implications for the 85 Years Old and Over Population. Frontiers in Public Health, 5(December), 1–7. https://doi.org/10.3389/fpubh.2017.00335.
Jiwantara, K., Sutrisno, A., & Neyland, J, S, C. (2013). Penerapan Metode Servqual Untuk Evaluasi dan Perbaikan Kualitas Pelayanan Pada Kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia Praktis di Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara. Universitas Sam Ratulangi Manado. 159608-ID-penerapan-metode-servqual-untuk-evaluasi.pdf (neliti.com)
Junita, R, G., Pristianto, A., Supriyadi, A., Susilo, T, E. (2021). Hubungan Aktivitas Duduk Lama Dengan Keluhan Musculoskeletal Pada Punggung Bawah: Critical Review. FISIO MU Physiotherapy Evidence, 2 (3): 150 – 161.
Kemenkes RI. (2021). Pedoman dan Standar Etik Penelitian dan Pengembangan Standar Kesehatan Nasional. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB). https://Keppkn.Kemkes.Go.Id/Storage/2022/01/Buku-Pedoman-Dan-Standar-Etik-Penelitian-Dan-Pengembangan-Kesehatan-Nasional.Pdf
Kemeskes RI. (2018). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Khasanah, U., & Nurjanah, S. (2020). Pengaruh Senam Tera Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi. Indonesian Journal of Nursing Science and Practice, 3(1), 23–34.
Kristina Supriyati, & Indriati Kusumaningsih. (2023). Analisis Faktor Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan: Literature Review: The Factor Analysis of Waiting Time for Out Patient Services: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(12), 2371-2380.
Larasati, R. A., & Safitri, D. (2023). Gambaran Kepuasan Lansia Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Poli Lansia Puskesmas Ciputat Kota Tangerang Selatan Tahun 2022. Muhammadiyah Journal of Geriatric, 4(1), 90. https://doi.org/10.24853/mujg.4.1.90-98
Masturoh, I., & Anggita, N. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Mawaddah, N & Wijayanto, A., S. (2020). Peningkatan Kemandirian Lansia Melalui Activity Daily Living Training Dengan Pendekatan Komunikasi Terapeutikdi RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Hospital Majapahit, 12 (1).
Mubarak & Iqbal, W. (2009). Ilmu Keperawatan Komunitas Pengantar dan Teori Buku 2. Jakarta: Salemba Medika
Muffarikoh, Z. (2020). Statistika Pendidikan (Konsep Sampling dan Uji Hipotesis) (M. Qibtiyah (ed.)). Jakarta: CV. Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id
Mulyadi, A., & Juanita. (2018). The Description of Factors Influencing Lonely of Elderly in Aceh. 1–9.
Mulyani., Fudholi, A., & Satibi. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Menggunakan Model Servqual di Puskesmas Kabupaten Garut. Majalah Farmaseutik, 17(3), 284–295. https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v1i1.54017
Mustika, I. W. (2019). Buku Pedoman Model Asuhan Keperawatan Lansia Bali Elderly Care (BEC). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Newgard, C. D., Fu, R., Heilman, J., Tanski, M., John Ma, O., Lines, A., & Keith French, L. (2017). Using Press Ganey Provider Feedback to Improve Patient Satisfaction: A Pilot Randomized Controlled Trial. Academic Emergency Medicine, 24(9), 1051–1059. https://doi.org/10.1111/acem.13248
Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta Selatan: Salemba Medika. http://www.penerbitsalemba.com
Oktera, D, P., Aryawati, W., Aryastuti, N. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Lanjut Usia di Poliklinik Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Lampung. Holistik Jurnal Kesehatan, 15 (734 – 745)
Priyo, S., Oktora, D., Purnawan, I., Achiriyati, D., Keperawatan, J., Jenderal, U., Purwokerto, S., & Ajibarang, R. (2016). Pengaruh Terapi Murottal Al Qur’an Terhadap Kualitas Tidur Lansia di Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata Cilacap. The Soedirman Journal of Nursing, 11 (3).
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (T. Chandra (ed.)). Sidoarjo: Zifatama Publishing.
Putri, R. I. I., Araiku, J & Sari, N. (2020). Statistik Deskriptif. In Bening media Publishing.https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=PoEeEAAA QBAJ&oi=fnd%0A&pg=PA32&dq=info:vHhSRXFT6pwJ:scholar.goog le.com/&ots=az3FfYRcZ&sig=0Zr
Rasudin, N. S., Ahmad, M. A. I., Hussain, N., & Che Hamah, M. S. S. (2019). Validating the Press Ganey Questionnaire (Bahasa Melayu version). International Journal of Health Care Quality Assurance, 32(3), 653–658. https://doi.org/10.1108/IJHCQA-07-2018-0169
Rekawati, E., Hamid, A. Y. S., Sahar, J., Widyatuti, W., & Sari, N. L. P. D. Y. (2019). Model Keperawatan Keluarga Santun Lansia dalam Upaya Peningkatan Kualitas Asuhan Keluarga pada Lansia: A Literature Review. Jurnal Penelitian Kesehatan “SUARA FORIKES” (Journal of Health Research “Forikes Voice”), 10(3), 173. https://doi.org/10.33846/sf10303
Ruliyandari, R. (2018). Implementasi Program “Santun Lansia” Puskesmas Kabupaten Sleman. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 12 (1).
Sawitri, A. (2023) Proses, Teori Menua, Dan Isu Kesehatan Lansia [Power Point Presentation], diakses pada 14 Januari 2024.
Silitonga, F, D, C., Suwitri, S., & Marom, A. (2015). Evaluasi Dampak Program Puskesmas Santun Usia Lanjut Di Kota Semarang. Administrasi Publik FISIP UNDIP. http://www.fisip.undip.ac.id.
Siswanto, Susila, & Suyanto. (2017). Metodologi Penelitian Kombinasi Kualitatif-Kuantitatif Kedokteran & Kesehatan. Jakarta: Bossscript.
Published
2025-03-31
How to Cite
SUTRISNI, Putu Ayu Krisna; UTAMI, Putu Ayu Sani; WIDYANTHARI, Desak Made. GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN LANSIA TERHADAP LAYANAN SANTUN LANSIA DI PUSKESMAS II DENPASAR BARAT. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 12, n. 4, p. 443-452, mar. 2025. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/123615>. Date accessed: 14 oct. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2024.v12.i04.p10.
Section
Articles