HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN SIKAP ORANG TUA MENGENAI PERTOLONGAN PERTAMA TERSEDAK PADA ANAK USIA DINI

  • Gusti Ayu Made Novianti Silvilia Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Juniartha Universitas Udayana
  • Ni Luh Putu Shinta Devi Universitas Udayana
  • Meril Valentine Manangkot Universitas Udayana

Abstract

Anak usia dini memiliki risiko dalam kejadian kegawatdaruratan, salah satunya tersedak. Anak usia dini dapat mengalami kejadian tersedak karena sedang dalam masa perkembangan baik secara kognitif maupun motorik, salah satunya adalah fase oral. Dalam melakukan pertolongan pertama tersedak dibutuhkan efikasi diri yang baik sehingga dapat mempengaruhi sikap dan perilaku orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara efikasi diri dengan sikap orang tua mengenai pertolongan pertama tersedak pada anak usia dini di Wilayah Kerja Puskesmas IV Denpasar Selatan. Metode yang digunakan, yakni metode kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dengan besar sampel 81 orang tua (ayah/ibu) yang memiliki anak usia dini (0-5 tahun) di Wilayah Kerja Puskesmas IV Denpasar Selatan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner secara luring. Hasil uji Spearman Rank didapatkan nilai p=0,000 (?=0,05) dan nilai r=0,456 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan dengan kekuatan korelasi cukup kuat dan arah hubungan yang positif antara efikasi diri dan sikap orang tua mengenai pertolongan pertama tersedak pada anak usia dini di Wilayah Kerja Puskesmas IV Denpasar Selatan. Arah hubungan yang positif menunjukkan semakin tinggi tingkat efikasi diri maka semakin tinggi tingkat sikap orang tua mengenai pertolongan pertama tersedak pada anak usia dini, begitupula sebaliknya. Peneliti menyarankan kepada Puskesmas IV Denpasar Selatan dan perawat agar dapat menyelenggarakan kegiatan seperti pelatihan pertolongan pertama tersedak pada anak usia dini sehingga dapat meningkatkan dan mempertahankan efikasi diri dan sikap orang tua yang baik dan positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, L. (2018). Pengaruh efikasi diri dan dukungan orang tua terhadap orientasi masa depan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4562
Ayuningtyas, L., & Septarini, B. G. (2013). Hubungan family supportive supervision behaviors dengan work family balance pada wanita yang bekerja. Jurnal Psikologi Industri Dan Organisasi, 2(1), 50.
Baraba, R. (2021). Efikasi diri dan sikap pada intensi berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo). Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis, 262–271.
Chang, D. T., Abdo, K., Bhatt, J. M., Huoh, K. C., Pham, N. S., & Ahuja, G. S. (2021). Persistence of choking injuries in children. International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, 144, 110685.
Dwi, S., & Prihatiningsih, D. (2015). Pengaruh edukasi keluarga tentang pencegahan dan penanganan tersedak pada anak terhadap pengetahuan dan ketrampilan keluarga dusun ngebel rt 09 tamantirto kasihan bantul [S1_sarjana, STIKES ’Aisyiyah Yogyakarta]. http://lib.unisayogya.ac.id
Fitriyah, L. A., Wijayadi, A. W., Manasikana, O. A., & Hayati, N. (2019). Menanamkan efikasi diri dan kestabilan emosi. LPPM UNHASY TEBUIRENG JOMBANG.
Habeeb, K. A., & Alarfaj, G. (2020). Saudi parents awareness regarding burn, choking, and drowning first aid in children. Journal of Family Medicine and Primary Care, 9(3), 1370.
Jannah, M., Kamsani, S. R., & Ariffin, N. M. (2021). Perkembangan usia dewasa: tugas dan hambatan pada korban konflik pasca damai. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 114–143.
Jaya, I. P. B. A., & Seminari, N. K. (2016). Pengaruh norma subjektif, efikasi diri, dan sikap Terhadap intensi berwirausaha siswa SMKN di Denpasar [PhD Thesis]. Udayana University.
Lestari, U. P., Sinambela, E. A., Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2020). Pengaruh Efikasi diri dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(2), 529–536.
Mahmudah, N. (2020). Pengaruh pendidikan kesehatan metode demonstrasi tentang choking management anak usia toddler terhadap tingkat pengetahuan dan sikap ibu [Undergraduate, Universitas Muhammadiyah Malang]. https://eprints.umm.ac.id/61231/
Maryam, S. (2015). Self efficacy anak didik pemasyarakatan di Lapas anak kelas IIA Blitar [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. https://doi.org/10/11410061_Daftar_Pustaka.pdf
Mauliyah, I. (2017). Perkembangan mental emosional pada anak umur 3-5 tahun ditinjau dari sikap orang tua. Jurnal Riset Kebidanan Indonesia, 1(2), 48-55.
Meilani, E., & Fitriana, N. F. (2023). Pengaruh media video terhadap pengetahuan dan keterampilan ibu dalam menangani kejadian tersedak pada bayi di posyandu. PREPOTIF: JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(1), 830–835.
Mokalu, V. R., & Boangmanalu, C. V. J. (2021). Teori psikososial erik erikson: Implikasinya bagi pendidikan agama kristen di sekolah. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 180–192.
Mufikha, B. F., Mareta, R., & Kamal, S. (2021). Self efficacy ibu dalam upaya pencegahan ISPA pada balita di Danurejo Mertoyudan. Borobudur Nursing Review, 1(2), 67-76.
Nurbadriyah, W. D. (2018). Perilaku orang tua dalam pencegahan obesitas anak pra sekolah berbasis theory of planned behaviour (TPB). Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 5(1), 008–014.
Nurdiantami, Y., Shabriyyah, N. F., Riyanti, F. D., Muhammad, R. F., & Muhayati, D. A. (2022). Hubungan karakteristik ibu dengan sikap responsif anak. Jurnal Epidemiologi Kesehatan Indonesia, 6(1), 45–52.
Putri, L. A., Susilaningsih, E. Z., & Suparmanto, G. (2022). Pengaruh video edukasi pertolongan pertama balita tersedak terhadap sikap ibu dalam penanganan tersedak [PhD Thesis]. Universitas Kusuma Husada Surakarta.
Rahman, M. S., Ko, M., Warren, J., & Carpenter, D. (2016). Healthcare Technology Self-Efficacy (HTSE) and its influence on individual attitude: An empirical study. Computers in Human Behavior, 58, 12–24.
Rahmani, R. P., & Hawadi, L. F. (2019). Strategi peningkatan pengetahuan ibu tentang penalaran induksi dalam pendisiplinan anak pra sekolah melalui seminar online. Journal of Psychological Science and Profession, 3(3), 167–176.
Ramadhani, R. (2013). Komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam membentuk perilaku positif anak pada murid SDIT CORDOVA Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(3), 112–121.
Sambokaraeng, & Aprilianty, D. P. (2021). Peran orang tua dalam pengenalan jati diri anak-tinjauan dari psikologi perkembangan sigmund freud 5 tahun kehidupan pertama.
Saputra, S., Suryani, K., & Pranata, L. (2021). Studi fenomenologi: pengalaman ibu bekerja terhadap tumbuh kembang anak prasekolah. Indonesian Journal of Health and Medical, 1(2), 151–163.
Saputri, D. A. (2019). Identifikasi self attitude (sikap) ketua tim perawat dalam melaksanakan setiap tahapan discharge planning di ruang rawat inap Rumah Sakit Muhammadiyah Surabaya [Undergraduate, Universitas Muhammadiyah Surabaya]. http://repository.um-surabaya.ac.id/5603/
Setijaningsih, T., & Matiningsih, W. (2014). Pengaruh program parenting terhadap pengetahuan dan sikap orang tua dalam pemenuhan kebutuhan dasar anak usia dini. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 1(2), 129–134.
Siahaan, E. R. (2019). Hubungan pengetahuan heimlich manuver pada ibu dengan keterampilan penanganan anak toddler yang mengalami chocking. Jurnal Skolastik Keperawatan, 5(2), 165–176.
Siswati, E., Masyayih, W. A., & Irawati, N. (2021). Hubungan teknik menyusui dengan kejadian bayi tersedak usia 0-12 bulan di Poli Anak Rumah Sakit Prima Husada Malang. Prima Wiyata Health, 2(2), 45-54.
Trifianingsih, D., & Anggraini, S. (2022). Tanggap bahaya tersedak dan penatalaksanaanya pada anak. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 1944–1950.
Wahyuni, E. D., Yasmara, D., Sriyono, S., Dewi, Y. S., Kurniawati, N. D., Laili, N. R., Zulkarnain, H., & Qona’ah, A. (2019). Pemberdayaan masyarakat (guru dan orang tua) tanggap bahaya tersedak DI KB-TK Khadijah Surabaya: Community empowerment (teachers and parents) to respond choking hazard in KB-TK Khadijah Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 5(1), 25–31.
Zahrok, S., & Suarmini, N. W. (2018). Peran perempuan dalam keluarga. IPTEK Journal of Proceedings Series, 5, Article 5. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4422
Published
2024-08-31
How to Cite
SILVILIA, Gusti Ayu Made Novianti et al. HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN SIKAP ORANG TUA MENGENAI PERTOLONGAN PERTAMA TERSEDAK PADA ANAK USIA DINI. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 11, n. 6, p. 592-603, aug. 2024. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/114299>. Date accessed: 14 oct. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2023.v11.i06.p12.