Analisis Strategi Pemasaran dengan Metode SWOT dan QSPM Pada PT Wedhatama Sukses Makmur, Singaraja, Bali
Abstract
Abstrak
PT Wedhatama Sukses Makmur adalah suatu perusahaan yang berfokus pada pengolahan pupuk organik berbasis kotoran hewan (guano). Perusahaan ini belum menggunakan metode SWOT dan QSPM dalam strategi pemasaran. Hal ini terlihat dari permasalahan pembukuan dan serta kinerja bidang pemasaran yang tidak efektif, sehingga mengakibatkan target penjualan tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan alternatif strategi yang dirumuskan melalui faktor-faktor yang menjadi penentuan dalam memasarkan produk yang dihasilkan oleh perusahaan dengan metode SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Wedhatama Sukses Makmur dalam melakukan strategi pemasarannya memiliki 14 faktor internal (9 faktor kekuatan dan 5 faktor kelemahan) dan 11 faktor eksternal (7 faktor peluang dan 4 faktor ancaman). Total matriks IFE 3,06, matriks EFE 3,51, dan matriks IE posisi perusahaan berada pada kuadran I (Growth and Build). Hasil analisis SWOT menunjukkan adanya 8 alternatif strategi. Strategi yang dapat diprioritaskan oleh perusahaan dari analisis QSPM yaitu melakukan perbaikan sistem manajemen, peningkatan kemampuan teknis perusahaan, dan meningkatkan jumlah sumber daya manusia khususnya pada bidang pemasaran untuk mencapai target penjualan dengan total skor TAS 7,78.
Abstract
PT Wedhatama Sukses Makmur is an organic fertilizer company based on animal manure (guano). This company has not used the SWOT and QSPM methods in its marketing strategy. It can be seen in bookkeeping problems and ineffective marketing performance, resulting in sales targets not being achieved. This study aims to determine alternative strategies formulated through the factors that are the determinants in marketing the products produced by the company using the SWOT and QSPM methods. The results showed that PT Wedhatama Sukses Makmur had 14 internal factors (nine strength factors and five weakness factors) and 11 external factors (seven opportunity factors and four threat factors). The total IFE matrix is ??3,06, the EFE matrix is ??3,51, and the IE matrix is ??the company's position in quadrant I (Growth and Build). The results of the SWOT analysis show that there are eight alternative strategies. The priority strategy from the QSPM analysis is to improve the management system, improve the company's technical capabilities, and increase the number of human resources (especially in the marketing field) to achieve sales targets with a total TAS score of 7,78.
Downloads
References
Atikah. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM (Studi Kasus :Restoran Ramen Aboy). Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 88–99.
Ayu Wulandari. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Pupuk Non Subsidi (Studi Kasus pada PT Pupuk Kalimantan Timur Kantor Penjualan Jawa Timur). 6(2), 3-4.
David, R. F. (2016). Managemen Strategik In Prenhalindo. PT Salemba Empat, Jakarta.
Evelyn. (2018). Analisis Manajemen Strategi Bersaing Dengan Matriks IE, Matriks SWOT dan Matriks QSPM Pada PT.XYZ. 99–106.
Hidayatullah, A. R., Andesta, D., Dahda, S. S. (2020). Pendekatan Metode Analisis SWOT Matriks IFE dan EFE dan Analitycal Hierarchy Process Pada Strategi Pemasaran UKM Bu Muzana. JUSTI (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri), 1(4), 553–565.
Nurngaeni, A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Marketing Mix. Manajemen Dan Ekonomi, 4(2), 96–107.
Qanita, A. (2020). Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’Gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11–24. https://doi.org/10.15575/jim.v1i2.10309
Rangkuti. (2013). Analisis SWOT. PT Gramedia, Jakarta.
Septiadi, G., D., Alhabsji, T., Rahardjo, K. (2015). Analisis Lingkungan Eksternal dan Internal Dalam Menyusun Strategi Perusahaan (Studi Perencanaan Strategi Komoditi Kelapa Sawit Pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero). Profit, 9(1), 22–33. https://doi.org/10.21776/ub.profit.2015.009.01.3
Setyorini, H. (2016). Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6
Sugianto, C. A., Hongdiyanto, C. (2017). Perumusan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode QSPM Pada Bisnis Sambal Noesantara. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 106–115.
Yusup, H. B., Praptono, B., Sagita, B. H., Telkom, U. (2021). Perancangan Strategi Pemasaran Pada Kimbap Bandung Dengan Menggunakan Analisis QSPM. 8(5), 8393–8400.
Zefanya, N. A., Noer, B. A. (2016). Perumusan Strategi Bersaing pada Perusahaan Ban dengan Metode Analisis Portofolio Produk (Studi Kasus: PT Multistrada Arah Sarana, Tbk). Jurnal Teknik ITS, 5(2), 5–9. https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i2.19294
Zulkarnaen, H. O. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Makanan Ringan ( Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo ). Diponegoro Journal of Management, 2(3), 108–120. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/3212