Metode Forecasting Data Mining Untuk Memprediksi Ketersediaan Komoditas Padi Berkelanjutan di Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali

  • I Gst Agung Ari Bawarta Universitas Udayana
  • I Nyoman Gede Ustriyana Universitas Udayana
  • I Dewa Ayu Sri Yudhari Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempersiapkan kemampuan pemerintah daerah dalam mencukupi ketersediaan produksi pangan strategis, khususnya komoditas padi yang menjadi komoditas yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Kabupaten Buleleng setiap tahunnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang dipakai dalam analisis adalah data sekunder berupa data produksi beras (ton), produksi padi (ton), luas panen (ha), konsumsi masyarakat terhadapat komoditas beras (kg) dan jumlah penduduk (jiwa) dari tahun 2018 hingga tahun 2022 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan di Kabupaten Buleleng.


Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode forecasting dengan menggunakan algoritma Backpropagation dapat digunakan untuk memberikan pendekatan peramalan luas panen padi, produksi padi, produksi beras, tingkat konsumsi masyarakat, dan jumlah penduduk pada tahun 2023 dan 2024 di Kabupaten Buleleng. Rancangan arsitektur Backpropagation menggunakan input layer sebanyak 12, hiden layer sebanyak 10, dan output sebanyak 1 dengan hasil Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar 0.4 dan Mean Absolute Deviation (MAD) sebesar 24512 dengan kategori peramalan yang sangat baik. Rata – rata rasio konsumsi normatif per kapita terhadap ketersediaan pangan khususnya komoditas padi di Kabupaten Buleleng pada tahun 2023 mengalami kondisi defisit tinggi dengan nilai Rasio Cnorm (z) = 1.6 dan pada tahun 2024 mengalami kondisi defisit tinggi dengan nilai Rasio Cnorm (z) = 1.7. Bagi peneliti selanjutnya, metode forecasting menggunakan Algoritma Backpropagation masih dapat dikembangkan dengan berfokus kepada masing-masing kabupaten dengan menghitung komoditas pangan secara keseluruhan di kabuten tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-12
How to Cite
BAWARTA, I Gst Agung Ari; USTRIYANA, I Nyoman Gede; YUDHARI, I Dewa Ayu Sri. Metode Forecasting Data Mining Untuk Memprediksi Ketersediaan Komoditas Padi Berkelanjutan di Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), [S.l.], v. 12, n. 1, p. 043-062, july 2024. ISSN 2684-7728. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/107878>. Date accessed: 27 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JMA.2024.v12.i01.p05.