Anggaran Hijau (Green Budgeting) dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Hijau Pada Sektor Kehutanan di Kabupaten Karangasem Provinsi Bali

  • Ni Putu Yuliana Puspita Universitas Udayana
  • I Nyoman Gede Ustriyana Universitas Udayana
  • Dwi Putra Darmawan Universitas Udayana

Abstract

Isu lingkungan tingkat emisi karbon di dunia telah membawa perubahan lingkungan yang sangat membahayakan. Komitmen Pemerintah Daerah untuk mengutamakan kepentingan lingkungan hidup dalam prioritas pembangunan daerah merupakan faktor terpenting dalam upaya pelestarian lingkungan hidup daerah. Komitmen ini akan berpengaruh terhadap kualitas kebijakan, program lingkungan hidup dan kuantitas anggaran yang dialokasikan untuk sektor Lingkungan Hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh Anggaran Berbasis Lingkungan Hidup (Green Budgeting/ ABLH), pengaruh APBD, pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), pengaruh Jumlah Penduduk, pengaruh Pertumbuhan Ekonomi terhadap PDRB Hijau pada sektor Kehutanan di Kabupaten Karangasem Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapat dari berbagai sumber. Hasil analisis dengan aplikasi Microsof Excel 2010 dan SPSS 26 menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi produk regional domestik bruto (PDRB) Hijau di Kabupaten Karangasem Provinsi Bali seluruhnya berpengaruh positif dan signifikan, artinya Anggaran Berbasis Lingkungan Hidup (green budgeting), APBD, Pendapatan Asli Daerah (PAD),  Jumlah Penduduk dan Pertumbuhan Ekonomi apabila semakin meningkat akan berpengaruh pada peningkatan Produk Domestik Regional Bruto yang berbasis lingkungan hidup (PDRB Hijau). Jika dilihat dari data Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem alokasi anggaran pada perangkat daerah dengan fungsi Lingkungan Hidup di Kabupaten Karangasem menunjukkan kenaikan penganggaran yang cukup tinggi dari tahun 2017 ke 2018 dan kemudian terjadi penurunan pada tahun berikutnya sampai tahun 2021 sebesar 1,0%. Diharapkan bagi Pemerintah daerah Kabupaten Karangasem meningkatkan penganggaran dan komitmen untuk menempatkan lingkungan pada posisi penting dalam perencanaan pembangunan, sehingga kelestarian lingkungan dan kesejahteraan dapat diwujudkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-22
How to Cite
PUSPITA, Ni Putu Yuliana; USTRIYANA, I Nyoman Gede; DARMAWAN, Dwi Putra. Anggaran Hijau (Green Budgeting) dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Hijau Pada Sektor Kehutanan di Kabupaten Karangasem Provinsi Bali. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), [S.l.], v. 11, n. 2, p. 344-357, feb. 2024. ISSN 2684-7728. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/97664>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JMA.2023.v11.i02.p08.