ANALISIS FAKTOR RISIKO KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT PADA BALITA DI WILAYAH KERJA UPT. PUSKESMAS MENGWI III TAHUN 2016

  • I Gde Arya Dhioxa Darmawan
  • I Made Sutarga

Abstract

ABSTRAK
ISPA adalah penyakit pernafasan akut yang berisiko mengakibatkan kematian pada anak usia balita. Beberapa faktor penyebab ISPA pada balita antara lain, jenis kelamin, status gizi dan imunisasi balita, keadaan fisik rumah, pendidikan ibu balita dan perilaku keluarga. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berisiko menjadi penyebab kejadian ISPA pada balita di wilayah kerja UPT. Puskesmas Mengwi III Badung Bali. Penelitian ini menggunakan studi kasus kontrol berpasangan. Berdasarkan analisis faktor risiko balita yang jenis atap rumahnya tidak memenuhi syarat 2 kali lebih berisiko terkena ISPA. Balita dengan keluarga yang menggunakan anti nyamuk bakar 3 kali lebih berisiko terkena ISPA. Balita dengan keluarga yang menggunakan kayu bakar untuk memasak 7 kali lebih berisiko terkena ISPA. Faktor risiko ISPA pada balita dalam wilayah kerja UPT. Puskesmas Mengwi III adalah jenis atap rumah yang tidak memenuhi syarat, penggunaan anti nyamuk bakar, dan penggunaan kayu bakar untuk memasak.
Kata Kunci: ISPA, Balita, Faktor Risiko.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-16
How to Cite
DARMAWAN, I Gde Arya Dhioxa; SUTARGA, I Made. ANALISIS FAKTOR RISIKO KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT PADA BALITA DI WILAYAH KERJA UPT. PUSKESMAS MENGWI III TAHUN 2016. ARCHIVE OF COMMUNITY HEALTH, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 437 - 441, jan. 2022. ISSN 2527-3620. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ach/article/view/82494>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/ACH.2021.v08.i03.p05.
Section
Articles