PERAN INOVASI PRODUK MEMEDIASI ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN

Universitas Udayana

  • I Putu Gede Hendra Wiryawan FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA
  • Ni Ketut Seminari Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penyelidikan ini guna: (1) guna memahami dampak orientasi pasar kepada kinerja pemasaran UMKM (2) guna memahami dampak orientasi pasar kepada inovasi produk UMKM (3) guna memahami dampak inovasi produk kepada kinerja pemasaran UMKM, (4) guna memahamidampak pengaruh inovasi produk memediasi orientasi pasar kepada kinerja pemasaran UMKM. Lokasi penyelidikandilakukan pada Kerajinan patung Desa Batubulan.  Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Sampel UMKM Kerajinan Patung Batu di Desa Batubulan berjumlah 71 orang dengan teknik probability sampling. Data tentang orientasi pasar, strategi inovasi produk, dan kinerja pemasaran diperoleh melalui kuisioner yang disebarkan pada sampel penelitian. Data dianalisis secara statistik inferensial dengan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan, yaitu: (1) Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran (sig. 0,000 < 0,05), (2) Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk (sig. 0,005 < 0,05), (3) Inovasi produk berdampak positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran (sig. 0,000 < 0,05), (4) Inovasi produk secara substansialmenengahidampak orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran (zhitung 4,075 < ztabel 1,995).


Kata kunci : Inovasi Produk; Orientasi Pasar; Kinerja Pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-21
How to Cite
WIRYAWAN, I Putu Gede Hendra; SEMINARI, Ni Ketut. PERAN INOVASI PRODUK MEMEDIASI ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 6, p. 1090 - 1109, june 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/EJMUNUD.2022.v11.i06.p02>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i06.p02.
Section
Articles