PENGARUH E-WOM, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN TERHADAP NIAT BELI KEMBALI: STUDI PADA PELANGGAN SITUS SHOPEE

Universitas Udayana

  • Ni Kadek Aprilia Yurika Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Indonesia
  • Ni Made Rastini

Abstract

Niat beli kembali adalah probabilitas subyektif bahwa seseorang akan membeli produk atau layanan secara terus menerus melaui situs online atau toko di masa depan. Agar konsumen memiliki niat beli kembali yang tinggi, pelaku bisnis perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli kembali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-WOM, kepercayaan, dan kepuasan terhadap niat beli kembali. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat yang sudah pernah berbelanja pada situs Shopee di Kota Denpasar. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 120 orang responden, dengan metode non-probability sampling khususnya purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online melalui google form. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli kembali. Hal ini menunjukkan semakin positif E-WOM yang diterima oleh konsumen maka akan meningkatkan niat beli kembali. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap niat beli kembali pada situs Shopee. Hal ini menunjukkan semakin tinggi tingkat kepuasan, maka niat beli kembali akan semakin tinggi.


Kata kunci : E-WOM, Kepercayaan, Kepuasan dan Niat Beli Kembali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-28
How to Cite
SARI, Ni Kadek Aprilia Yurika; RASTINI, Ni Made. PENGARUH E-WOM, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN TERHADAP NIAT BELI KEMBALI: STUDI PADA PELANGGAN SITUS SHOPEE. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 4, p. 635 - 657, apr. 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/73533>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i04.p01.
Section
Articles