PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI, PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN

  • I Komang Adi Karmawan Universitas Udayana
  • I Gde Adnyana Sudibya Universitas Udayana

Abstract

Kepuasan kerja karyawan merupakan faktor yang sangat penting dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, program keselamatan dan kesehatan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Pos Indonesia Denpasar tahun 2016 sebanyak 305 orang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis faktor konfirmatori, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, program keselamatan dan kesehatan kerja berperngaruh positif terhadap kepuasan kerja.


Kata Kunci: kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, program keselamatan dan


kesehatan kerja, kepuasan kerja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-03
How to Cite
ADI KARMAWAN, I Komang; SUDIBYA, I Gde Adnyana. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI, PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 364 - 383, jan. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/52369>. Date accessed: 05 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i01.p19.
Section
Articles