PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL, LINGKUNGAN KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN KOPERASI PASAR SRINADI

  • Ni Wayan Meriandayani Universitas Udayana
  • Made Subudi Universitas Udayana

Abstract

Turnover intentions ialah keinginan untuk berpindah ke perusahaan lain namun belum sampai pada tahap realisasi. Faktor-faktor yang menjadi penyebab adanya keinginan untuk pindah kerja (turnover intention) antara lain lingkungan kerja, kepuasan kerja, dan komitmen organisasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh komitmen organisasional, lingkungan kerja, dan kepuasan kerja terhadap turnover intention. Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan Koperasi Pasar Srinadi Klungkung. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 298 dengan sampel 75 responden melalui proportionate random sampling. Metode pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Liner Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel komitmen organisasional, lingkungan kerja, dan kepuasan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention karyawan Koperasi Pasar Srinadi Klungkung. Tingginya komitmen organisasional, lingkungan kerja, dan kepuasan kerja dalam perusahaan mampu menekan tingkat turnover intention karyawan.


Kata kunci  : komitmen organisasional, lingkungan kerja, kepuasan kerja, turnover intention

Published
2019-11-03
How to Cite
MERIANDAYANI, Ni Wayan; SUBUDI, Made. PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL, LINGKUNGAN KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN KOPERASI PASAR SRINADI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 11, p. 6680 - 6699, nov. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/48195>. Date accessed: 08 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p15.
Section
Articles