PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI

  • Ida Ayu Putri Laksmidewi Purba Universitas Udayana
  • Made Reina Candradewi Universitas Udayana

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan tanggungjawab perusahaan tidak hanya terhadap


pemiliknya atau pemegang saham saja tetapi juga terhadap para stakeholder yang terkait dan/atau terkena dampak dari keberadaan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh


leverage, likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan pengungkapan CSR


pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2016. Data yang dikumpulkan dengan metode purposive sampling, diperoleh sebanyak 26 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel leverage, likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan CSR pada perusahaan manufakur di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014 – 2016.


Kata kunci: Corporate Social Responsibility, leverage, likuiditas, profitabilitas dan ukuran


perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-03
How to Cite
PURBA, Ida Ayu Putri Laksmidewi; CANDRADEWI, Made Reina. PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 9, p. 5372 - 5400, sep. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/46617>. Date accessed: 22 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i09.p02.
Section
Articles