PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

  • Putu Mahendra Dananjaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Ketut Mustanda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2011-2013. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 128 perusahaan, dan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling maka diperoleh 16 perusahaan manufaktur sebagai sampel. Jenis data yang dipergunakan berupa data  kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari sumber sekunder, dan metode yang dipergunakan untuk mengumpulkan data tersebut adalah metode observasi non partisipant. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan bantuan progam komputer SPSS (Statistical Package For Social Saint). Hasil Penelitian ini menemukan bahwa keputusan investasi berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, keputusan pendanaan berpengaruh positif tapi tidak  signifikan terhadap nilai perusahaan dan kebijakan dividen berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-10-17
How to Cite
DANANJAYA, Putu Mahendra; MUSTANDA, I Ketut. PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 10, oct. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/23693>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

nilai perusahaan, keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan dividen