PENGARUH PROFITABILITAS, TINGKAT PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, LIKUIDITAS, DAN PAJAK TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA SEKTOR PARIWISATA

  • Luh Putu Widayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Nyoman Triaryati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Nyoman Abundanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, tingkat pertumbuhan perusahaan, likuiditas, dan pajak terhadap struktur modal pada sektor pariwisata di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor pariwisata di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 18 perusahaan periode 2010-2014. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga sampel akhir yang didapatkan adalah 14 perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi non partisipan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari ICMD. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 22 for windows. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap struktur modal, tingkat pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap struktur modal, likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal dan pajak tidak berpengaruh terhadap struktur modal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-06-13
How to Cite
WIDAYANTI, Luh Putu; TRIARYATI, Nyoman; ABUNDANTI, Nyoman. PENGARUH PROFITABILITAS, TINGKAT PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, LIKUIDITAS, DAN PAJAK TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA SEKTOR PARIWISATA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 6, june 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/20967>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

struktur modal, profitabilitas, tingkat pertumbuhan perusahaan, likuiditas, pajak