PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN OBAT TRADISIONAL DENGAN KANDUNGAN BAHAN KIMIA OBAT YANG BEREDAR DI E-COMMERCE

  • Desak Made Chyntia Dewi Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • Ayu Putu Laksmi Danyathi Fakultas Hukum Universitas Udayana

Abstract

ABSTRAK


Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna obat tradisional dengan kandungan bahan kimia obat yang beredar di e-commerce dan memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai peranan BPOM dalam pengawasan peredaran obat tradisional yang beredar di e-commerce serta mengetahui apakah sanksi yang diberikan terhadap oknum yang menjual obat tradisional dengan bahan kimia obat didalamnya. Dalam penulisan karya ilmiah ini metode yang digunakan adalah metode penelitian normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan juga pendekatan konseptual. Perlindungan hukum dapat dilakukan dengan preventif yang berarti kesempatan untuk masyarakat memberikan keberatannya diharapakan lebih bisa diterapkan oleh pemerintah, selanjutnya jika tindakan preventif dirasa tidak cukup maka harus dilakukan tindakan represif yaitu penegakan hukum oleh pemerintah melalui peraturan perundang-undangan. BPOM telah mengeluarkan produk hukum yaitu Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 8 Tahun 2020 mengenai pengawasan obat dan makanan yang diedarkan secara daring, sebagai upaya untuk mencegah dan mengurangi peredaran obat tradisional dengan bahan kimia obat di e-commerce.


Kata kunci : Perlindungan Hukum, Konsumen, Obat


ABSTRACT


The objectives to be achieved from this research are to find out more about the legal protection of consumers using traditional medicines containing medicinal chemicals circulating in e-commerce and provide knowledge to readers about the role of BPOM in controlling the circulation of traditional medicines circulating in e-commerce and find out whether the sanctions are given to individuals who sell traditional medicines with medicinal chemicals in them. In writing this scientific paper, the method used is a normative research method with a statutory approach and also a conceptual approach. Legal protection can be carried out preventively, which means that the opportunity for the public to give objections is expected to be more applicable by the government, then if preventive measures are deemed insufficient, repressive measures must be taken, namely law enforcement by the government through legislation. BPOM has issued a legal product, namely the Regulation of the Food and Drug Supervisory Agency Number 8 of 2020 regarding the supervision of drugs and food that are circulated online, as an effort to prevent and reduce the circulation of traditional medicines with medicinal chemicals in e-commerce.


Keywords: Legal Protection, Consumers, Drugs

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-10
How to Cite
CHYNTIA DEWI, Desak Made; DANYATHI, Ayu Putu Laksmi. PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN OBAT TRADISIONAL DENGAN KANDUNGAN BAHAN KIMIA OBAT YANG BEREDAR DI E-COMMERCE. Kertha Negara : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 10, n. 7, p. 727-737, mar. 2023. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthanegara/article/view/93846>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles