DAMPAK URUSAN PEMERINTAHAN KONKUREN SEJAK MULAI DIBERLAKUKANNYA UNDANG-UNDANG NO 23 TAHUN 2014

  • I Made Fajar Pradnyana
  • Nengah Suharta

Abstract

Hadirnya UU Pemda baru yang sekaligus mencabut UU Pemda Lama memberikan beberapa perbedaan berkaitan dengan urusan pemerintahan konkuren antara Pemerintah Daerah Provinsi dengan Kabupaten/Kota. Makalah ini membahas mengenai bidang apasajakah yang berpotensi menimbulkan polemik setelah diberlakukannya UU Pemda baru.  Penelitian ini dilakukan secara normatif melalui pendeketan perundang-undangan  dan pendekatan secara konseptual.


Terdapat beberapa bidang yang kewenangannya berubah setelah diberlakukannya UU Pemda baru seperti : pendidikan, kehutanan, pertanian, pertanahan dan tata ruang. Beberapa perubahan antara UU Pemda Baru dengan UU Pemda lama yang berpotensi menimbulkan polemik antara pemda provinsi dengan pemda kabupaten/kota karena dalam UU Pemda Baru otonomi lebih dititik beratkan pada Pemerintah Daerah Provinsi serta ketidakfleksibilitas, ketidakefektifitas dan ketidalefisiensi dalam melaksanakan kewenangannya masing-masing. 


Kata Kunci :Urusan Pemerintahan, Konkuren, Pemerintahan Daerah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-06
How to Cite
PRADNYANA, I Made Fajar; SUHARTA, Nengah. DAMPAK URUSAN PEMERINTAHAN KONKUREN SEJAK MULAI DIBERLAKUKANNYA UNDANG-UNDANG NO 23 TAHUN 2014. Kertha Negara : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 1-12, feb. 2019. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Kerthanegara/article/view/48031>. Date accessed: 01 july 2022.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>