VERBAL AND NON VERBAL SIGNS IN APPLE’S OFFICIAL VIDEO ADVERTISEMENT

  • I Gede Ngurah Primanda S Rahadiarta

Abstract

Apple Inc. merupakan salah satu perusahaan multinasional Amerika yang
mengembangkan, memproduksi, mendistribusikan dan menjual produk - produk
elektronik. Untuk menarik minat para konsumennya, Apple memproduksi iklan komersial
yang menarik, baik cetak maupun elektronik. Salah satu iklan elektronik yang dibuat
adalah iklan audiovisual yang didistribusikan melalui internet. Pada iklan audiovisual
yang berjudul “Apple - Introducing MacBook Pro with Retina Display”, terdapat unsur
verbal dan nonverbal dimana dalam unsur tersebut terkandung makna dan fungsi. Dari
unsur – unsur verbal dan nonverbal yang ditemukan, kemudian dianalisis menggunakan
teori meaning and function yang dikemukakan oleh Leech (1974). Jenis – jenis fungsi
yang digunakan antara lain, Informational function, expressive function, dan directive
function. Sedangkan jenis – jenis makna yang digunakan antara lain, conceptual
meaning, affective meaning, dan connotative meaning.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
PRIMANDA S RAHADIARTA, I Gede Ngurah. VERBAL AND NON VERBAL SIGNS IN APPLE’S OFFICIAL VIDEO ADVERTISEMENT. Humanis, [S.l.], mar. 2014. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/8353>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Apple, makna, fungsi