THE SEMANTIC STRUCTURE ANALYSIS OF THE ENGLISH PROVERBS FOUND IN THE ENGLISH POCKET DICTIONARY

  • Made Mudya Santranatha Udayana University

Abstract

Studi yang berjudul The Semantic Structure Analysis Of The English Proverbs Found In The English Pocket Dictionary ini bertujuan untuk mendeskripsikan arti dari peribahasa berdasarkan struktur semantik. Studi ini difokuskan kepada analisis struktur semantik dan arti konotasi yang ada pada peribahasa.

Studi ini menggunakan peribahasa yang ada pada English Pocket Dictionary sebagai data dan dianalisis dengan metode kualitatif dan metode dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis data adalah teori dari Anna Wierzbicka tentang struktur semantik melalui metode eksplikasi dan Cristopher Russell Reaske tentang arti konotasi.

Dalam studi ini dipilih 8 dari 30 peribahasa secara keseluruhan yang ada pada English Pocket Dictionary. Analisis data berawal dari eksplikasi peribahasa berdasarkan kata verbanya yang membangun arti inti dari peribahasa tersebut. Setelah mendapatkan arti inti kemudian menetapkan arti konotasi dengan penjelasan beberapa komponen dari ekplikasi tersebut.

Temuan dari studi ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan struktur semantik karena kata verba yang membangun peribahasa tersebut berbeda. Hal ini dapat diketahui dari ekplikasi yang berbeda pada masing-masing peribahasa yang membentuk arti konotasi tersebut. Studi ini membuktikan bahwa arti konotasi dapat dilihat dari arti inti karena adanya hubungan antara arti konotasi dan arti inti.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
MUDYA SANTRANATHA, Made. THE SEMANTIC STRUCTURE ANALYSIS OF THE ENGLISH PROVERBS FOUND IN THE ENGLISH POCKET DICTIONARY. Humanis, [S.l.], july 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/21865>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

peribahasa, struktur, eksplikasi, arti