KARAKTERISTIK MIKROORGANISME PADA TEH ROSELLA KOMBUCHA LOKAL BALI

  • Sumartin N.W.E.
  • Leliqia N.P.E.
  • Yan Ramona

Abstract

Teh rosella kombucha lokal Bali dibuat dengan memfermentasikan teh rosella dengan bantuan simbiosis bakteri dan yeast. Diketahui bahwa teh kombucha memiliki aktivitas antioksidan dan aktivitas tersebut dipengaruhi oleh mikroorganisme yang terdapat di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik mikroorganisme yang terdapat dalam teh rosella kombucha lokal Bali.

Penentuan karakteristik mikroorganisme dalam teh rosella kombucha lokal Bali dilakukan dengan metode pewarnaan, uji sifat biokimia, motility, pengamatan sifat morfologi dan koloni mikroorganisme serta cellular arrangement. Diketahui bahwa dalam teh rosella kombucha lokal Bali terdapat mikrooganisme yang memiliki kemiripan ciri dengan bakteri genus Acetobacter dan yeast genus Schizosaccharomyces, Saccharomyces, Toruluspora dan Zygosaccharomyces.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sumartin N.W.E.
Mahasiswa Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
Leliqia N.P.E.
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
Yan Ramona
Program Studi Magister Ilmu Biologi Universitas Udayana
How to Cite
N.W.E., Sumartin; N.P.E., Leliqia; RAMONA, Yan. KARAKTERISTIK MIKROORGANISME PADA TEH ROSELLA KOMBUCHA LOKAL BALI. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], may 2013. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/5757>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Teh rosella kombucha, bakteri, yeast

Most read articles by the same author(s)