Pengaruh Penataan Produk, Jenis Kelamin, dan Daftar Belanja Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana (Studi Kasus pada Konsumen Ritel di Kota Denpasar)

  • Boy Winawan
  • Ni Nyoman Kerti Yasa

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penataan produk (display), jenis kelamin dan daftar belanja terhadap keputusan pembelian tidak terencana (impulse buying) yang dilakukan oleh konsumen ritel di Kota Denpasar.Penelitian ini menggunakan riset kualitatif yaitu dengan menggunakan survey dan kuesioner terhadap 110 responden. Diperoleh temuan bahwa penataan produk (display) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan impulse buying yang dilakukan konsumen, sedangkan perbedaan jenis kelamin yang diuji dengan uji t sampel berpasangan mendapatkan temuan bahwa tidak terdapat perbedaan antara laki – laki dan perempuan dalam perilaku impulse buying. Pada variabel daftar belanja, memperoleh hasil bahwa daftar belanja berpengaruh negatif terhadap keputusan impulse buying yang dilakukan oleh konsumen ritel di Kota Denpasar.

 

Kata Kunci : Penataan Produk, Jenis Kelamin, Daftar Belanja, Pembelian Tidak Terencana

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the effect of  product's display, gender and shopping lists on unplanned purchasing decisions (impulse buying) conducted by retail consumers in Denpasar. This study used a qualitative research,using surveys and questionnaires to 110 respondents. Obtained by the finding that the  product's display has a  significant and positive influence on the impulse buying decisions who conducted by ??consumer , whereas gender differences were tested by paired sample t test findings that there is no difference between men and women in impulse buying behavior. On the shopping list variables, obtaining results that shopping list has negatively affect on impulse buying decisions made ??by retail consumers in Denpasar.

 

Keywords : Display, Gender, Shopping Lists, Impulse Buying

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-07-10
How to Cite
WINAWAN, Boy; KERTI YASA, Ni Nyoman. Pengaruh Penataan Produk, Jenis Kelamin, dan Daftar Belanja Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana (Studi Kasus pada Konsumen Ritel di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 3, n. 7, july 2014. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/8416>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Display, Gender, Shopping Lists, Impulse Buying