AKSESIBILITAS ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 01 BENGKULU SELATAN
Abstract
Aksesibilitas bagi anak tunagrahita merupakan hal penting ketika melakukan aktivitas pembelajaran di sekolah. Penyediaan aksesibilitas fisik dan non fisik yang aksesibel akan memudahkan anak tunagrahita untuk melakukan aktivitas secara mandiri. Sekolah Luar Biasa menjadi lembaga pendidikan khusus bagi anak berkebutuhan khusus seperti anak tunagrahita. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aksesibilitas anak tunagrahita di SLB Negeri 01 Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan memilih informan secara purposive sebanyak 10 informan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aksesibilitas anak tunagrahita di SLB Negeri 01 Bengkulu Selatan sudah baik jika dilihat dari aksesibilitas fisik (sarana dan prasarana). Sementara aksesibilitas non fisik (informasi, komunikasi, dan teknologi) masih sulit diakses anak tunagrahita walaupun sekolah telah menyediakan group whatsaap, website, Instagram, facebook, dan memodifikasi proses penyampaikan materi dengan menggunakan teknologi. Aksesibilitas tersebut dilihat dari 4 asas, yaitu asas kemudahan, kegunaan, kemandirian, dan keselamatan.
Downloads
References
Astutik, J. (2019). Survival Strategy for Women With Disabilities As Head of Family. Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2), 35. https://doi.org/10.22219/jpa.v2i2.9664
Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu. 2022. Data Penyandang Disabilitas Provinsi Bengkulu. https://bengkulu.bps.go.id/, diakses pada 9 September 2023
Chandra, E., & Lubis, J. (2020). Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Fisik Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta. 02(1), 52–74.
Data Pokok Pendidikan. 2023. Data SLB Provinsi Bengkulu. https://dapo.kemdikbud.go.id, diakses pada 10 September 2023
Irvan, M., & Jauhari, M. N. (2018). The Accessibility of Inclusive Schools in Surabaya. https://doi.org/10.2991/indoeduc-18.2018.39
Nuryasmin, A., Kustiawan, & Nazaki. (2020). Aksesibilitas Ruang Publik Bagi Penyandang Disabilitas di Kota Tanjung Pinang Tahun 2019. 1, 9–18.
Prajalani, Y. N. H. (2017). Aksesibilitas Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Sukoharjo. IJDS : Indonesian Journal of Disability Studies, 4(2), 87–95. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2017.004.02.1
Rumia, M., Simorangkir, R., & Lumbantoruan, J. H. (2021). Aksesibilitas Anak Berkebutuhan Khusus Di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(1), 204–213. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i3.1295
Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia No. 08 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas
Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392
Yahya, G. (2020). Kajian Konsep Aksesibilitas Pada SLB Negeri Bekasi Jaya. Jurnal Linears, 3(2), 52–59. https://doi.org/10.26618/j-linears.v3i2.4029