ANALISIS PERUBAHAN ORIENTASI POLA PERILAKU MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN APLIKASI EPERPUS PROVINSI BENGKULU PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Epri Wahyuni
  • Zafiratul Ashra
  • Fitria Okta Khairunnisyah
  • Fransiska Timoria Samosir

Abstract

Banyak permasalahan yang terjadi akibat pandemi Corona Virus Diseases 19 atau yang biasa dikenal dengan Covid-19. Mengingat dampak yang ditimbulkan telah merubah pola perilaku masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi. Berdasarkan hal tersebut, tentunya masyarakat lebih memilih untuk menggunakan sumber digital dalam memenuhi kebutuhan informasi di masa pandemi, terkhusus masyarakat di Provinsi Bengkulu. Dalam menindak lanjuti kondisi ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu telah menyiapkan solusi. Dengan adanya aplikasi ePerpus Prov. Bengkulu yang diluncurkan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan pola perilaku masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi, yang mana sesuai dengan Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan yang menyebutkan bahwa perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu melalui observasi dan analisis literatur. Objek penelitian ini adalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu yang telah meluncurkan aplikasi ePerpus Prov. Bengkulu guna memenuhi kebutuhan informasi pemustaka dimasa pandemi. Berdasarkan penelitian ini, hasil yang ditemukan yaitu masyarakat Provinsi Bengkulu lebih memilih menggunakan aplikasi ePerpus Prov. Bengkulu karena dianggap lebih efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Referensi
Hermawan, Rachmad ; Zen, Zulfikar. (2006). Etika Kepustakawanan : Suatu Pendekatan Terhadap Profesi dan Kode Etik Pustakawan Indonesia. Jakarta : Sagung Seto, 2006.

https://perpusda.bengkuluprov.go.id/

Indonesia. (2007). UU Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Jakarta : Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Sismanto. (2008). Manajemen Perpustakaan Digital.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alabeta
Published
2022-12-27
How to Cite
WAHYUNI, Epri et al. ANALISIS PERUBAHAN ORIENTASI POLA PERILAKU MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN APLIKASI EPERPUS PROVINSI BENGKULU PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 77-84, dec. 2022. ISSN 2685-4570. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/widya/article/view/95868>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIWSP.2022.v04.i02.p01.