STRATEGI DIPLOMASI PUBLIK KOREA SELATAN DI INDONESIA MELALUI KOREAN WAVE (2021-2022)

  • Jessica Nadyla Indriyani Novita Tinangon Universitas Kristen Satya wacana
  • Putri Hergianasari Universitas Kristen Satya Wacana
  • Triesanto Romulo Simanjuntak Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract


Strategi Diplomasi Publik Korea Selatan melalui Korean Wave, memberikan pengaruh terhadap Indonesia sebagai salah satu tujuan negara tersebut. Korean Wave adalah salah satu instrumen atau alat yang dipakai Korea Selatan berupa produk industri hiburan seperti musik, drama, dan film yang bisa memperkenalkan Korea Selatan kepada dunia luar, agar lebih dikenal oleh dunia Internasional. Metode yang dipakai oleh penulis adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan konsep Diplomasi Publik yang menggunakan teknik soft power. Teknik ini  merupakan alat penting dalam pelaksanaan Diplomasi Publik. Dalam penelitian ini, penulis akan membahas bagaimana strategi yang digunakan Korea Selatan untuk memperkenalkan ciri khas dari negara tersebut dan kemudian menjadikan Korean Wave begitu berhasil di dunia internasional termasuk Indonesia. Perkembangan musik, drama, dan film Korea di Indonesia semakin meluas dengan makin bertambahnya penggemar setiap tahunnya. Hasil yang didapatkan adalah bahwa  strategi yang digunakan Korea Selatan melibatkan berbagai aktor seperti kementerian pusat, pemerintah daerah, dan sektor swasta. Korea Selatan membentuk strategi Diplomasi Publik lima tahun dan rencana implementasi Diplomasi Publik tahunan.



Downloads

Download data is not yet available.

References

(한국어90), 9. (2022). Hallyu – Everything you need to know about the Korean Wave.
Fischer, S. (1998). The Asian Crisis: A View from the International Monetary Fund (IMF). International Monertary Fund.
Lee YL Jung MJ, N. R. (2020). Cross-National Study on the Perception of the Korean Wave and Cultural Hybridity in Indonesia and Malaysia Using Discourse on Social Media.
Lintaro, L. (2019). Why Korea Is More Than Just K-Pop In Indonesia. All Asia Affairs.
Melissen, J. (2005). The new public diplomacy soft power in international relations. Palgrave Macmillan.
Melissen, J. (2005). The New Public Diplomacy Soft Power in International Relations. Palgrave Macmillan.
Nye, J. (2008). Public Diplomacy and Soft Power. America: Sage Publications, Inc. in association with the American Academy of Political and Social Science.
Tuch, H. N. (1990). COMMUNICATING WITH THE WORLD THE INSTITUTE FOR THE STUDY OF DIPLOMACY. New York: Palgrave Macmillan.
외교부. (2021). Rencana Dasar Diplomasi Publik Korea Pertama (2017-2021) Rencana Aksi Komprehensif Diplomasi Publik 2021 Volume I. Seoul: ministry of foreign affairs.
외교부. (2021). Rencana Dasar Diplomasi Publik Korea Pertama (2017-2021) Rencana Aksi Komprehensif Diplomasi Publik 2021 Volume II. Seoul: Ministry of Foreign Affairs.
외교부. (2021). Rencana Dasar Diplomasi Publik Korea Selatan [2017-2021]. Seoul: Kementrian Luar Negeri Korea Selatan.
외교부. (2022). Rencana Dasar ke-2 untuk Diplomasi Publik (2022-2027). Seoul: MOFA KR.
Published
2023-07-21
How to Cite
TINANGON, Jessica Nadyla Indriyani Novita; HERGIANASARI, Putri; SIMANJUNTAK, Triesanto Romulo. STRATEGI DIPLOMASI PUBLIK KOREA SELATAN DI INDONESIA MELALUI KOREAN WAVE (2021-2022). Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 46-62, july 2023. ISSN 2685-4570. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/widya/article/view/100431>. Date accessed: 14 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JIWSP.2023.v05.i01.p04.