ANALYSIS OF PRODUCTION PERFORMANCE AND INCOME OF BROILER INDEPENDENT PATTERN WITH OPEN HOUSE SYSTEM (CASE STUDY IN UD. MERTA PURA DESA MELILING, KECAMATAN KERAMBITAN, KABUPATEN TABANAN)

  • Wirawan I M.W. Animal Science Program Study, Fakulty of Animal Husbandry, Udayana University
  • i W. Sukanata Animal Science Program Study, Fakulty of Animal Husbandry, Udayana University
  • M. Wirapartha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa produksi dan pendapatan usaha ternak ayam broiler pola mandiri dengan sistem kandang terbuka (open house).Penelitian ini dilaksanakan pada UD.Merta Pura yang berlokasi di Desa Meliling, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan.Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data hasil pemeliharaan selama 7 periode produksi yaitu dari bulan Juni 2016 - Desember 2017.Variabel yang diamati pada penelitian ini adalah manajemen pemeliharaan, bobot badan, rata-rata umur panen, pertambahan berat badan, FCR, index performa, mortalitas dan deplesi.Aspek ekonomi yang diteliti yaitu pendapatan bersih, biaya, Revenue Cost Ratio, dan Break Even Point.Data penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata performa ayam broiler yang diperoleh pada penelitian ini adalah manajemen pemeliharaan sudah baik. Ayam di panen rata-rata pada umur 29 hari dengan rata-rata bobot badan 1,76 kg/ekor, pertambahan bobot badan 1,67 kg/ekor atau 56,93 gram/ekor/hari, nilai FCR 1,54, index performa 374,43 dan rataan deplesi 3,98 %. Rata-rata pendapatan bersih peternak sebesar Rp.31.891.671 per periode produksi. Nilai Revenue Cost Ratio 1.14. Usaha ini mencapai Break EvenPoint ketika jumlah ayam yang di produksi 4,961 kg ayam hidup atau ketika harga jual ayam hidup sebesar 15.199/kg.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha ternak ayam broiler pola mandiri dengan sistem kandang terbuka (open house) sudah menguntungkan bagi peternak, dan layak untuk diusahakan.


Kata Kunci : performa produksi, pendapatan, ayam broiler, pola mandiri, kandang terbuka

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wirawan I M.W., Animal Science Program Study, Fakulty of Animal Husbandry, Udayana University

P S Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, JL. PB. Sudirman Denpasar, Bali

i W. Sukanata, Animal Science Program Study, Fakulty of Animal Husbandry, Udayana University

P S Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, JL. PB. Sudirman Denpasar, Bali

M. Wirapartha

P S Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, JL. PB. Sudirman Denpasar, Bali

Published
2019-01-10
How to Cite
I M.W., Wirawan; SUKANATA, i W.; WIRAPARTHA, M.. ANALYSIS OF PRODUCTION PERFORMANCE AND INCOME OF BROILER INDEPENDENT PATTERN WITH OPEN HOUSE SYSTEM (CASE STUDY IN UD. MERTA PURA DESA MELILING, KECAMATAN KERAMBITAN, KABUPATEN TABANAN). Jurnal Peternakan Tropika, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 32-50, jan. 2019. ISSN 2722-7286. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/tropika/article/view/45364>. Date accessed: 18 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)